SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pulau Komodo Masuk Daftar Destinasi yang Sebaiknya Tidak Dikunjungi Pada Tahun 2020, Ini Alasannya

Rabu, 20 November 2019 07:00 by Rie127 | 882 hits
Pulau Komodo Masuk Daftar Destinasi yang Sebaiknya Tidak Dikunjungi Pada Tahun 2020, Ini Alasannya
Image Source: Holland America

DREAMERS.ID - Media wisata asal Amerika Serikat, Fodor’s Travel merilis daftar destinasi yang harus dikunjungi dan sebaiknya tidak dikunjungi pada tahun 2020 mendatang. Ternyata terdapat 2 tempat wisata di Indonesia yang termasuk dalam daftar yang sebaiknya tidak dikunjungi, yaitu Bali dan Pulau Komodo.

Jika di Bali, Fodor's Travel berfokus pada dampak lingkungan dari pariwisata massal, Pulau Komodo dinilai sebagai destinasi wisata dengan biaya yang terlalu murah dan patut menaikkan pajak turis untuk kelestarian hewan langka.

“Pemangku kebijakan di Indonesia pada awalnya berencana untuk menutup Pulau Komodo selama satu tahun dari Januari 2020, tetapi membatalkan inisiatif itu setelah menentukan bahwa komodo yang hidup di sana tidak terancam oleh campur tangan wisatawan terhadap perilaku dan habitat mereka”. tulis Fodor's Travel.


Image Source: Tribun

Selain Pulau Komodo, ada Kepulauan Galapagos yang disorot oleh Fodor's Travel dengan permasalahan hampir sama. Pajak turis di Galapagos dinilai terlalu murah dan tidak naik selama 20 tahun.

Pajak turis yang terlalu murah dinilai tidak akan mengurangi dampak pariwisata massal. Banyaknya kunjungan wisatawan ditakutkan akan berpengaruh pada kelestarian hewan langka, seperti hewan Komodo di Pulau Komodo dan kura-kura terbesar di dunia yang ada di Kepulauan Galapagos.

Menurut Fodor's Travel, seberapa jauh pemerintah dan komunitas lokal berupaya menjaga tempat destinasi, harus diperhatikan oleh setiap turis. Hal tersebut juga dinilai lebih penting dibandingkan dengan mencapai goals untuk mengunjungi tempat wisata. 

“Oleh karena itu, yang ditampilkan dalam No List bukan daftar terlarang. Sebaliknya, ini adalah janji ketika kita benar-benar membahas tujuan yang disebutkan di sini, di tempat yang menakjubkan, kita akan berwisata dengan bertanggung jawab” tulis Fodor's Travel.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Pembicaraan soal kemunculan Harimau Sumatera kembali mencuat setelah hewan langka itu menampakkan diri di dekat pemukiman warga di perbatasan Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru....
  • HOT !
    Erick Thohir mungkin belum genap dua bulan menjabat sebagai Menteri BUMN, namun ia sudah menyiapkan sederet gebrakan untuk bersih bersih. Selain Garuda Indonesia, masih ada enam perusahaan BUMN yang jadi targetnya....
  • HOT !
    Peredaran ganja di kalangan mahasiswa tampaknya masih sangat banyak dan jarang tersentuh. Pada 6 Desember, polisi mengungkap jaringan pengedar narkoba jenis ganja sebesar 80 kilogram di Universitas Pancasila, Jakarta Selatan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)