home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sempat Dijuluki 'Desa Fiktif' Kemendagri Ungkap Desa Konawe Ada Tapi Cacat Hukum

Senin, 18 November 2019 16:50 by sukmagayatri | 2926 hits
Sempat Dijuluki 'Desa Fiktif' Kemendagri Ungkap Desa Konawe Ada Tapi Cacat Hukum
Image Source: Cnnindonesia.com

DREAMERS.ID - Sebelumnya, publik sempat dihebohkan dengan keberadaan ‘Desa fiktif’ atau ‘Desa siluman’ yang terletak di Kabupaten Konawe, Sulawesi Utara. Namun, baru-baru ini Dirjen Bina Pemerintah Desa Kemendagri, Nata Irawan menjelaskan bahwa keberadaan Desa-desa tersebut ‘nyata’ namun cacat hukum.

“Hasil temuan yang kami dapat, ternyata desa tersebut ada tetapi tidak berjalan tata kelola pemerintahannya secara optimal,” Jelas Nata di Jakarta Pusat, dikutip dari liputan6.com.

Nata memaparkan bahwa hasil verifikasi kondisi riil di lapangan dan sosiologis menunjukan keberadaan total 56 Desa di Kabupaten Konawe. Namun, beberapa Desa memang tidak melalui mekanisme dan tahapan di DPRD yang membuatnya menjadi cacat hukum.

"Perda yang dilakukan oleh Bupati Konawe cacat hukum, karena tidak melalui mekanisme dari DPRD. Oleh karenanya harus diperbaiki," Tambah Nata.

Nata turut menjelaskan bahwa Kepala dan Perangkat Desa di 56 lokasi Desa yang ada di Kabupaten Konawe tengah dimintai keterangan lebih lanjut oleh Polda Sulawesi Tenggara. Sebab, Kecacatan hukum yang terdapat di beberapa Desa tersebut dapat berpotensi menjadi kerugian untuk negara. 

(sgd)

Komentar
  • HOT !
    Pihak kepolisian mengerahkan anjing pelacak K9 untuk melacak jejak pelaku pembunuhan editor Metro TV, Yodi Prabowo, di pinggir jalan Tol JORR, Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Dengan dilakukannya dua kali pelacakan, anjing K9 itu berhenti di satu tempat....
  • HOT !
    Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) akan kembali membuka operasional bioskop secara serentak di Indonesia. GPBSI mewakili para pengusaha bioskop terdiri atas Conema XXI, CGV, Cinepolis, Dakota Cinema, Platinum dan New Star Cineplex....
  • HOT !
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan yang kini lebih ingin akrab disapa BTP buka bukaan soal proses perceraiannya dengan mantan istri, Veronica Tan yang ia sayangkan namun sudah dipersiapkan memang akan mendapat banyak tudingan miring dari orang banyak....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : deliaangela
Cast : Im Hyuna, Cho Kyuhyun, Lee Sungmin, Shim Changmin dan member Super Junior

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)