SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sempat Dijuluki 'Desa Fiktif' Kemendagri Ungkap Desa Konawe Ada Tapi Cacat Hukum

Senin, 18 November 2019 16:50 by sukmagayatri | 2893 hits
Sempat Dijuluki 'Desa Fiktif' Kemendagri Ungkap Desa Konawe Ada Tapi Cacat Hukum
Image Source: Cnnindonesia.com

DREAMERS.ID - Sebelumnya, publik sempat dihebohkan dengan keberadaan ‘Desa fiktif’ atau ‘Desa siluman’ yang terletak di Kabupaten Konawe, Sulawesi Utara. Namun, baru-baru ini Dirjen Bina Pemerintah Desa Kemendagri, Nata Irawan menjelaskan bahwa keberadaan Desa-desa tersebut ‘nyata’ namun cacat hukum.

“Hasil temuan yang kami dapat, ternyata desa tersebut ada tetapi tidak berjalan tata kelola pemerintahannya secara optimal,” Jelas Nata di Jakarta Pusat, dikutip dari liputan6.com.

Nata memaparkan bahwa hasil verifikasi kondisi riil di lapangan dan sosiologis menunjukan keberadaan total 56 Desa di Kabupaten Konawe. Namun, beberapa Desa memang tidak melalui mekanisme dan tahapan di DPRD yang membuatnya menjadi cacat hukum.

"Perda yang dilakukan oleh Bupati Konawe cacat hukum, karena tidak melalui mekanisme dari DPRD. Oleh karenanya harus diperbaiki," Tambah Nata.

Nata turut menjelaskan bahwa Kepala dan Perangkat Desa di 56 lokasi Desa yang ada di Kabupaten Konawe tengah dimintai keterangan lebih lanjut oleh Polda Sulawesi Tenggara. Sebab, Kecacatan hukum yang terdapat di beberapa Desa tersebut dapat berpotensi menjadi kerugian untuk negara. 

(sgd)

Komentar
  • HOT !
    Pembicaraan soal kemunculan Harimau Sumatera kembali mencuat setelah hewan langka itu menampakkan diri di dekat pemukiman warga di perbatasan Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru....
  • HOT !
    Erick Thohir mungkin belum genap dua bulan menjabat sebagai Menteri BUMN, namun ia sudah menyiapkan sederet gebrakan untuk bersih bersih. Selain Garuda Indonesia, masih ada enam perusahaan BUMN yang jadi targetnya....
  • HOT !
    Peredaran ganja di kalangan mahasiswa tampaknya masih sangat banyak dan jarang tersentuh. Pada 6 Desember, polisi mengungkap jaringan pengedar narkoba jenis ganja sebesar 80 kilogram di Universitas Pancasila, Jakarta Selatan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)