SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jangan Sebar Foto Potongan Tubuh Pelaku Bom Bunuh Diri Polrestabes Medan, Bisa Kena Pidana!

Rabu, 13 November 2019 17:35 by manachemvr | 551 hits
Jangan Sebar Foto Potongan Tubuh Pelaku Bom Bunuh Diri Polrestabes Medan, Bisa Kena Pidana!
Image source: okezone

DREAMERS.ID - Rabu (13/11) sekitar pukul 08.45 WIB terjadi ledakan di Polresta Medan, Sumatera Utara. Diinformasikan oleh pihak kepolisian bahwa ledakan ini berasal dari bom bunuh diri.

"Masih diduga pelaku suicide bomber," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo.

Setelah informasi mengenai ledakan mencuat, banyak netizen yang langsung menyebarkan video maupun foto kejadian. Bahkan tidak jarang pengguna media sosial menyebarkan foto potongan tubuh pelaku. Menurut Undang-undang, dengan menyebarkan foto tersebut ternyata berpotensi melanggar hukum.

Ferdinandus Setu Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo menjelaskan bahwa dampak dari penyebaran foto dapat meningkatkan ketakutan di tengah-tengah masyarakat. Hal ini dapat menjadi celah bagi pelaku yang ingin melakukan kekerasan.

Penyebaran video maupun foto yang mengandung kekerasan dan dapat menimbulkan ketakutan diatur dalam Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Baca juga: Kata Mahfud MD Soal 8 Orang Terduga Jaringan Bom Bunuh Diri Polrestabes Medan

Pasal 29

Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mengirimkan Informasi elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang berisi ancaman kekerasan atau menakut-nakuti yang ditujukan secara pribadi.

 

Pasal 45B

Setiap Orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mengirimkan Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang berisi ancaman kekerasan atau menakut-nakuti yang ditujukan secara pribadi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 29 dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp750.000.000,00 (tujuh ratus lima puluh juta rupiah).

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Akhir akhir ini masyarakat di seluruh dunia sedang waspada terhadap virus corona yang berasal dari Wuhan, Tiongkok. Virus yang diklaim sudah menyebar hingga ke Thailand, Korea Selatan, hingga Amerika Serikat tersebut telah menyebabkan beberapa pasien meninggal dunia....
  • HOT !
    Wilayah Wuhan dihantui ketakutan dan panik karena selain terisolir untuk mencegah penyebaran virus corona, warganya juga dilanda dilema karena ingin menyelamatkan anggota keluarga namun secara tidak langsung ‘tidak diterima’ di wilayah lain....
  • HOT !
    Sekitar 50 kilometer dari pusat kota Seoul, Bandara Incheon adalah salah satu gerbang udara tersibuk di dunia. Di saat kebanyakan orang mendatangi bandara ini untuk pergi bepergian ke luar negeri, beberapa orang memiliki tujuan berbeda, untuk melihat idola kesayangan mereka dari dekat misalnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)