home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kisruh Masalah Akidah, PBNU Sebut Ucapkan Salam Agama Lain Simbol Toleran

Senin, 11 November 2019 17:30 by reinasoebisono | 5615 hits
Kisruh Masalah Akidah, PBNU Sebut Ucapkan Salam Agama Lain Simbol Toleran
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Pengucapan salam kepada agama lain sempat menjadi topik hangat karena banyak yang pro dan kontra, utamanya dalam konteks pidato resmi. Hingga masalah aqidah pun dipertanyakan. Namun belum lama ini Pengurus Besar Nahdlatul Ulama atau PBNU angkat bicara.

Melansir CNN, Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini menilai jika pengucapan salam agama lain oleh pejabat muslim dalam pidato resmi adalah sebuah budaya, bukan penistaan atau melecehkan. Helmy merespon Majeis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur yang menyebut jika mengucapkan salam semua agama adalah sesuatu yang bid’ah, mengandung nilai syuhbat dan patut dihindari oleh umat Islam.

"Sebagai salam kebangsaan yang tentu semua para tokoh atau pemimpin bermaksud untuk mempersatukan, sepanjang yang saya lihat dari berbagai forum tidak ada satu pun yang berniat menistakan, melecehkan, atau menodai," kata Helmy lewat keterangan tertulis.

Helmy turut menyampaikan jika pengucapan salam agama lain ada hasil proses akulturasi yang juga dimaknai sebagai simbol toleransi antarumat beragama di Indonesia. Di sisi lain, Helmy mengatakan masyarakat nonmuslim juga sering mengucapkan istilah dari Agama Islam dalam keseharian.

Sepanjang seluruh yang diucapkan tidak bertentangan dengan niat, maka sepanjang itu pula kalimat yang menyatakan salam kebangsaan tersebut tidak akan mengganggu akidah dan teologi seseorang," ujar Helmy.

Dia juga berpendapat para pemimpin tak sembarangan mengucap salam agama lain dalam forum resmi. Mereka hanya melakukan itu dalam forum yang dihadiri masyarakat lintas agama. Sementara dalam forum agama tertentu, ucapnya, para pemimpin tak akan mengucap salam agama lain.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Pihak kepolisian mengerahkan anjing pelacak K9 untuk melacak jejak pelaku pembunuhan editor Metro TV, Yodi Prabowo, di pinggir jalan Tol JORR, Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Dengan dilakukannya dua kali pelacakan, anjing K9 itu berhenti di satu tempat....
  • HOT !
    Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) akan kembali membuka operasional bioskop secara serentak di Indonesia. GPBSI mewakili para pengusaha bioskop terdiri atas Conema XXI, CGV, Cinepolis, Dakota Cinema, Platinum dan New Star Cineplex....
  • HOT !
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan yang kini lebih ingin akrab disapa BTP buka bukaan soal proses perceraiannya dengan mantan istri, Veronica Tan yang ia sayangkan namun sudah dipersiapkan memang akan mendapat banyak tudingan miring dari orang banyak....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : deliaangela
Cast : Im Hyuna, Cho Kyuhyun, Lee Sungmin, Shim Changmin dan member Super Junior

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)