home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Rencana Baru STNK Berubah Jadi Kartu, Bisa Jadi Alat Pembayaran!

Jumat, 01 November 2019 17:51 by reinasoebisono | 817 hits
Rencana Baru STNK Berubah Jadi Kartu, Bisa Jadi Alat Pembayaran!
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Inovasi terbaru untuk para penduduk yang memiliki kendaraan bermotor pasalnya Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau STNK nantinya tak akan lagi berbentuk kembaran seperti sekarang, namun berwujud kartu.

Sebagai gambaran, bentuknya nanti akan dibuat seperti Smart Surat Izin Mengemudi (SIM) dan data kendaraan dan pemilik tersimpan di dalam chip. Korp Lalu Lintas (Korlantas) Polri sedang berencana menyiapkan e-STNK atau STNK Elektronik.

Namun memang belum jelas kapan STNK model baru ini akan diluncurkan. Namun memang sudah dipastikan jika STNK disebut akan berubah bentuk menjadi kartu.


Image source: Kompas

Benar akan ada STNK model baru, saat ini masih dalam tahap Focus Group Discussion dengan pihak-pihak terkait,” kata Direktur Registrasi Identifikasi (Regident) Korlantas Polri Brigjen Pol Halim Pagarra.

Rencananya fungsi kartu ini tak hanya menunjukkan bukti kepemilikan kendaraan bermotor saja. Namun semakin canggih karena disematkannya sebuah chip untuk emnyimpan data pribadi pemiliknya, kartunya bisa terintegrasi dengan layanan pembayaran partik, tol dan sebagainya.

Pemilik kartu juga dapat menyimpan saldo yang berguna untuk beragam pembayaran, bahkan transaksi pembayaran pajak atau denda tilang rencananya juga bisa dibayarknan melalui kartu tersebut.

Salah satu manfaatnya adalah data-datanya dapat diakses secara elektronik, dan dapat dimanfaatkan serta dintegrasikan dengan pihak yg membutuhkan. Seperti e-parking, e-pajak, dan lain-lain,” ujarnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)