SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Stop Bullying dengan Kenali Jenis-jenisnya, Ada yang Pernah Kamu Lakukan?

Jumat, 01 November 2019 13:00 by Rie127 | 770 hits
Stop Bullying dengan Kenali Jenis-jenisnya, Ada yang Pernah Kamu Lakukan?
Image SourceL Koreaboo

DREAMERS.ID - Biasanya seseorang tidak sadar akan kesalahannya, sehingga ketika ia melakukan kesalahan yang ia tidak sadari, ia akan melakukan hal tersebut berulang-ulang, seperti bullying atau perundungan.

Awalnya, mungkin orang yang melakukan tindakan bullying hanya sekedar becanda, namun ketika ia melakukannya secara terus-menerus maka orang tersebut telah melakukan bullying.

Berdasarkan situs resmi Stop Bullying Amerika Serikat, tindakan yang dikategorikan sebagai perundungan adalah tindakan yang agresif dan mengandung ketidakseimbangan kekuatan dan pengulangan.

Ketidakseimbangan kekuatan diartikan sebagai orang yang menggunakan kekuatan mereka seperti kekuatan fisik, menyebarkan informasi yang memalukan, atau menggunakan popularitas untuk mengendalikan atau membahayakan orang lain. 

Ada banyak jenis bullying yang dapat dialami oleh anak-anak maupun orang dewasa. Dilansir dari CNN, perundungan dibagi menjadi beberapa jenis, berikut jenis-jenis bullying atau perundungan yang patut diwaspadai.

1. Perundungan Fisik

Perundungan fisik adalah penindasan yang dilakukan dengan cara melibatkan fisik seperti melukai tubuh seseorang yang dapat menyebabkan efek jangka pendek dan jangka panjang, seperti memukul, menendang, mencubit, mendorong, dan menghancurkan barang orang lain.

2. Perundungan Verbal

Baca juga: Hati-hati Tulis Caption, Instagram Akan Beri Peringatakan Jika Terdeteksi Bullying

Perundungan verbal adalah intimidasi yang melibatkan kata-kata baik secara tertulis atau terucap. Perundungan secara verbal meliputi menggoda, memanggil nama yang tidak pantas, mengejek, menghina, dan mengancam.

3. Perundungan Sosial

Perundungan sosial adalah penindasan yang mengakibatkan merusak reputasi atau hubungan seseorang. Intimidasi sosial ini mencakup berbohong, menyebarkan rumor negatif, mempermalukan seseorang, dan mengucilkan seseorang.

4. Perundungan di Dunia Maya (Cyber Bullying)

Perundungan di dunia maya atau Cyber Bullying adalah perilaku intimidasi yang dilakukan menggunakan teknologi digital. Perundungan di dunia maya ini meliputi mengunggah gambar atau video yang tidak pantas, menyebar gosip secara online, dan menggunakan informasi orang lain di media sosial.

5. Perundungan Seksual

Dikutip dari Very Well Family, perundungan seksual adalah tindakan yang berbahaya dan memalukan seseorang secara seksual. Intimidasi seksual ini termasuk pemanggilan nama seksual atau cat-calling, gerakan vulgar, menyentuh, dan materi pornografi. 

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Menyebarnya virus Wuhan di sejumlah Negara seperti di Thailand, Jepang, bahkan Korea Selatan semakin membuat resah masyarakat lokal bahkan di Indonesia. Walaupun di Indonesia sendiri belum terdapat laporan kasus pasien yang terkena virus Wuhan....
  • HOT !
    Pembangunan ibu kota baru semakin bergulir dengan rencana rencana penunjangnya. Selain infrastruktur, sistem sistm disebut oleh Presiden Jokowi akan baru semua dan memang harus diikuti oleh penduduknya nanti di sana....
  • HOT !
    Gelaran Pelantikan BPP HIPMI masa bakti 2019 2022 menjadi cukup menarik. Selain kehadiran Presiden Jokowi, dalam sambutannya sang presiden sempat menyinggung sosok sosok yang mungkin saja menggantikannya sebagai presiden....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)