home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fakta Baru Kebakaran Hutan dan Lahan, Kemenko Perekonomian: Bukan Untuk Lahan Sawit

Selasa, 08 Oktober 2019 18:20 by manachemvr | 595 hits
Fakta Baru Kebakaran Hutan dan Lahan, Kemenko Perekonomian: Bukan Untuk Lahan Sawit
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Kebakaran hutan di beberapa daerah cukup menyita perhatian masyarakat Indonesia belakangan ini. Warga menduga adanya indikasi kesengajaan membakar hutan untuk membuka lahan perkebunan sawit.

Menepis kabar tersebut, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian memberikan tanggapan bahwa karhutla yang terjadi bukan karna pembukaan lahan.

Penasihat Kemenko Perekonomian Li Chen We juga mengatakan asumsi tersebut memiliki fakta yang berbeda di lapangan. Harga pasaran sawit saat ini juga mengalami penurunan yaitu dibawah Rp 500 perkilogramnya. Hal ini terjadi karena petani yang enggan memupuk tanaman kelapa sawit.

"Jangan membakar, yang sudah ada saja tidak mau memelihara," ujar Li.

Li juga memaparkan bahwa jika karhutla disebabkan oleh pembukaan lahan kelapa sawit, maka penjualan benih sawit juga akan meningkat. Tetapi kenyataannya penjualan benih sawit saat ini tergolong rendah.

"Ketika orang tidak mau beli benih itu suatu indikasi. Kalau beli benihnya saja tidak ada apalagi mau menanam," kata Li.

Bukan hanya itu saja, Li juga meninjau harga CPO atau minyak sawit yang menjadi indicator keinginan orang untuk menanam sawit.

"Kalau harga CPO rendah orang tidak ingin menanam," tambahnya.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Pada awal bulan ini, Big Hit Entertainment telah mengajukan pendaftaran untuk go public di pasar saham. Dan pada 28 September, sudah ditetapkan bahwa harga IPO untuk saham mereka adalah 135.000 won (sekitar 1,7 juta rupiah) per lembar....
  • HOT !
    Setiap orang memiliki mimpi untuk mempunyai rumah idaman yang layak, nyaman dan memiliki keunikan sendiri yang berbeda dengan rumah lainnya. Seperti pasangan dari Seoul ini memiliki rumah unik kecil yang dirancangnya sendiri....
  • HOT !
    Seiring cuaca yang perlahan mendingin menuju musim gugur, Korea Selatan bersiap untuk musim flu yang bertepatan dengan gelombang kedua COVID 19, yang dapat mengakibatkan 'twindemic' yang ditakuti....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)