SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fakta Baru Kebakaran Hutan dan Lahan, Kemenko Perekonomian: Bukan Untuk Lahan Sawit

Selasa, 08 Oktober 2019 18:20 by manachemvr | 576 hits
Fakta Baru Kebakaran Hutan dan Lahan, Kemenko Perekonomian: Bukan Untuk Lahan Sawit
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Kebakaran hutan di beberapa daerah cukup menyita perhatian masyarakat Indonesia belakangan ini. Warga menduga adanya indikasi kesengajaan membakar hutan untuk membuka lahan perkebunan sawit.

Menepis kabar tersebut, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian memberikan tanggapan bahwa karhutla yang terjadi bukan karna pembukaan lahan.

Penasihat Kemenko Perekonomian Li Chen We juga mengatakan asumsi tersebut memiliki fakta yang berbeda di lapangan. Harga pasaran sawit saat ini juga mengalami penurunan yaitu dibawah Rp 500 perkilogramnya. Hal ini terjadi karena petani yang enggan memupuk tanaman kelapa sawit.

"Jangan membakar, yang sudah ada saja tidak mau memelihara," ujar Li.

Li juga memaparkan bahwa jika karhutla disebabkan oleh pembukaan lahan kelapa sawit, maka penjualan benih sawit juga akan meningkat. Tetapi kenyataannya penjualan benih sawit saat ini tergolong rendah.

"Ketika orang tidak mau beli benih itu suatu indikasi. Kalau beli benihnya saja tidak ada apalagi mau menanam," kata Li.

Bukan hanya itu saja, Li juga meninjau harga CPO atau minyak sawit yang menjadi indicator keinginan orang untuk menanam sawit.

"Kalau harga CPO rendah orang tidak ingin menanam," tambahnya.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Sebelumnya diberitakan jika ada penemuan makam di kontrakan tempat tinggal Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat yaitu Toto Santoso (42) dan Fanni Aminadia (41) di Godean, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)....
  • HOT !
    Reynhard Sinaga, warga negara Indonesia (WNI) yang terkena kasus pemerkosaan terbesar sepanjang sejarah Inggris memang telah divonis seumur hidup. Namun ternyata hal itu dianggap jaksa penuntut belum maksimal dan diminta untuk diperberat. Bagaimana bisa?...
  • HOT !
    Polisi telah menangkap Raja Keraton Agung Sejagat, Sinuhun Totok Santosa (42) beserta istrinya Fanni Aminadia (41). Berita soal Keraton Agung Sejagat yang memiliki raja ratu serta ratusan pengikut setia ini viral karena muncul mendadak....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)