SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fakta Baru Kebakaran Hutan dan Lahan, Kemenko Perekonomian: Bukan Untuk Lahan Sawit

Selasa, 08 Oktober 2019 18:20 by manachemvr | 548 hits
Fakta Baru Kebakaran Hutan dan Lahan, Kemenko Perekonomian: Bukan Untuk Lahan Sawit
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Kebakaran hutan di beberapa daerah cukup menyita perhatian masyarakat Indonesia belakangan ini. Warga menduga adanya indikasi kesengajaan membakar hutan untuk membuka lahan perkebunan sawit.

Menepis kabar tersebut, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian memberikan tanggapan bahwa karhutla yang terjadi bukan karna pembukaan lahan.

Penasihat Kemenko Perekonomian Li Chen We juga mengatakan asumsi tersebut memiliki fakta yang berbeda di lapangan. Harga pasaran sawit saat ini juga mengalami penurunan yaitu dibawah Rp 500 perkilogramnya. Hal ini terjadi karena petani yang enggan memupuk tanaman kelapa sawit.

"Jangan membakar, yang sudah ada saja tidak mau memelihara," ujar Li.

Li juga memaparkan bahwa jika karhutla disebabkan oleh pembukaan lahan kelapa sawit, maka penjualan benih sawit juga akan meningkat. Tetapi kenyataannya penjualan benih sawit saat ini tergolong rendah.

"Ketika orang tidak mau beli benih itu suatu indikasi. Kalau beli benihnya saja tidak ada apalagi mau menanam," kata Li.

Bukan hanya itu saja, Li juga meninjau harga CPO atau minyak sawit yang menjadi indicator keinginan orang untuk menanam sawit.

"Kalau harga CPO rendah orang tidak ingin menanam," tambahnya.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Rabu (16/10) kemarin PT Angkasa Pura II telah menandatangi perjanjian kerja sama dengan PT PLN. Penandatangan ini dilakukan untuk program Kerja Sama Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai....
  • HOT !
    Ujaran kebencian bisa muncul dari isu rasis, bahkan di dalam negeri sendiri. Padahal, hasil penelitian terbaru membuktikan jika Indonesia tidak memiliki istilah ‘pribumi’. Keanekaragaman etnis yang ada di Indonesia juga menjadi salah satu buktinya....
  • HOT !
    Penurunan permukaan tanah di Jakarta sudah dianggap menjadi persoalan serius. Di wilayah Utara Jakarta, air laut telah masuk ke wilayah pemukiman. Bahkan Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan jika air laut sudah mencapai Monumen Nasional atau Monas, apa artinya?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)