SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Apakah Perluasan Ganjil-Genap Dapat Mengurangi Polusi Udara?

Sabtu, 14 September 2019 10:20 by manachemvr | 581 hits
Apakah Perluasan Ganjil-Genap Dapat Mengurangi Polusi Udara?
Image source: Tirto

DREAMERS.ID - Beberapa waktu lalu pemerintah DKI Jakarta sudah resmi menetapkan peraturan mengenai perluasan sistem ganjil-genap.

Dengan total penambahan daftar ruas jalan, diketahui terdapat 25 ruas jalan yang diberlakukan sistem tersebut. Harapannya dengan cara ini kualitas udara di Jakarta dapat meningkat seiring berkurangnya polusi udara.

Tetapi apakah benar dengan menambah ruas jalan untuk diberlakukan sistem ganjil-genap dapat mempengaruhi kualitas udara di Jakarta?

"Hasil dari kebijakan perluasan belum bisa dievaluasi langsung ya. Karena perlu waktu. Untuk perbandingan 3 bulan sebelum pelaksanaan dan 3 bulan saat dilaksanakan nanti baru akan kelihatan, efektifitas dari kebijakan ganjil-genap tadi," ungkap Direktur Eksekutif Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB), Ahmad Safrudin, melansir Detik.

Walaupun saat ini masih belum dapat dipastikan besarnya pengaruh sistem ini terhadap kualitas udara di Jakarta, situs AirVisual menunjukan adanya penurunan tingkat polusi udara. Sebelumnya dikabarkan Jakarta berada di peringkat ke-3 kota dengan kualitar udara terburuk, tetapi kemarin Jumat (13/9) peringkat Jakarta turun menjadi peringkat ke-6.

Safrudin menambahkan bahwa pemerintah harus konsisten dalam menerapkan program ini. Ia menilai sistem ini akan dapat menurunkan tingkat pencemaran udara di Jakarta secara efektif.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Pihak Kementerian Perhubungan atau Kemenhub dilaporkan melakukan pemeriksaan terhadap pesawat milik maskapai Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Lion Air serta Batik Air. Pesawat dengan jenis Boeing 737 New Generation itu pun memberikan hasil cukup mengejutkan....
  • HOT !
    Alison French (57) adalah pemilik dari anjing Shih Tzu, bernama Looby yang telah berumur 14 tahun. Anjing milik Alison dikabarkan telah melawan kanker limfoma selama hampir tiga tahun, padahal sebelumnya, dokter mengatakan bahwa Looby hanya dapat bertahan selama beberapa minggu saja....
  • HOT !
    Setelah insiden penusukan yang menimpanya, Wiranto dikabarkan mendapatkan luka tusuk di usus. Maka, kerentanan infeksi dan kontaminasi yang disebabkan oleh luka tusukan akan jauh lebih besar. ...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : deandeyy
Cast : - Oh Se Hun -Xi Lu Han - Han Ji Ae - Shin Min Hee

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)