home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Apakah Perluasan Ganjil-Genap Dapat Mengurangi Polusi Udara?

Sabtu, 14 September 2019 10:20 by manachemvr | 619 hits
Apakah Perluasan Ganjil-Genap Dapat Mengurangi Polusi Udara?
Image source: Tirto

DREAMERS.ID - Beberapa waktu lalu pemerintah DKI Jakarta sudah resmi menetapkan peraturan mengenai perluasan sistem ganjil-genap.

Dengan total penambahan daftar ruas jalan, diketahui terdapat 25 ruas jalan yang diberlakukan sistem tersebut. Harapannya dengan cara ini kualitas udara di Jakarta dapat meningkat seiring berkurangnya polusi udara.

Tetapi apakah benar dengan menambah ruas jalan untuk diberlakukan sistem ganjil-genap dapat mempengaruhi kualitas udara di Jakarta?

"Hasil dari kebijakan perluasan belum bisa dievaluasi langsung ya. Karena perlu waktu. Untuk perbandingan 3 bulan sebelum pelaksanaan dan 3 bulan saat dilaksanakan nanti baru akan kelihatan, efektifitas dari kebijakan ganjil-genap tadi," ungkap Direktur Eksekutif Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB), Ahmad Safrudin, melansir Detik.

Walaupun saat ini masih belum dapat dipastikan besarnya pengaruh sistem ini terhadap kualitas udara di Jakarta, situs AirVisual menunjukan adanya penurunan tingkat polusi udara. Sebelumnya dikabarkan Jakarta berada di peringkat ke-3 kota dengan kualitar udara terburuk, tetapi kemarin Jumat (13/9) peringkat Jakarta turun menjadi peringkat ke-6.

Safrudin menambahkan bahwa pemerintah harus konsisten dalam menerapkan program ini. Ia menilai sistem ini akan dapat menurunkan tingkat pencemaran udara di Jakarta secara efektif.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Pandemi tidak mengurangi industri K Pop untuk terus berkembang, bahkan bisa dibilang tetap cemerlang dengan menarik banyak penggemar baru. Menurut data terkini, ada total 100 juta fans K Pop di seluruh dunia....
  • HOT !
    Tim SAR telah mengirimkan dua kantong jenazah ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati dari hasil pencarian pesawat Sriwijaya Air yang hilang kontak dan jatuh di perairan Kepulauan Seribu 4 menit setelah lepas landas....
  • HOT !
    Kerusuhan terjadi di Gedung Capitol Hill, Washington DC, Amerika Serikat pada Rabu (6/1) waktu setempat. Pihak kepolisian melaporkan bahwa sebanyak empat orang tewas dalam demonstrasi yang dilakukan pendukung Donald Trump tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)