home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Apakah Perluasan Ganjil-Genap Dapat Mengurangi Polusi Udara?

Sabtu, 14 September 2019 10:20 by manachemvr | 713 hits
Apakah Perluasan Ganjil-Genap Dapat Mengurangi Polusi Udara?
Image source: Tirto

DREAMERS.ID - Beberapa waktu lalu pemerintah DKI Jakarta sudah resmi menetapkan peraturan mengenai perluasan sistem ganjil-genap.

Dengan total penambahan daftar ruas jalan, diketahui terdapat 25 ruas jalan yang diberlakukan sistem tersebut. Harapannya dengan cara ini kualitas udara di Jakarta dapat meningkat seiring berkurangnya polusi udara.

Tetapi apakah benar dengan menambah ruas jalan untuk diberlakukan sistem ganjil-genap dapat mempengaruhi kualitas udara di Jakarta?

Baca juga: Jangan Lupa, 3 Tempat Wisata Jakarta Ini Masih Terapkan Ganjil Genap!

"Hasil dari kebijakan perluasan belum bisa dievaluasi langsung ya. Karena perlu waktu. Untuk perbandingan 3 bulan sebelum pelaksanaan dan 3 bulan saat dilaksanakan nanti baru akan kelihatan, efektifitas dari kebijakan ganjil-genap tadi," ungkap Direktur Eksekutif Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB), Ahmad Safrudin, melansir Detik.

Walaupun saat ini masih belum dapat dipastikan besarnya pengaruh sistem ini terhadap kualitas udara di Jakarta, situs AirVisual menunjukan adanya penurunan tingkat polusi udara. Sebelumnya dikabarkan Jakarta berada di peringkat ke-3 kota dengan kualitar udara terburuk, tetapi kemarin Jumat (13/9) peringkat Jakarta turun menjadi peringkat ke-6.

Safrudin menambahkan bahwa pemerintah harus konsisten dalam menerapkan program ini. Ia menilai sistem ini akan dapat menurunkan tingkat pencemaran udara di Jakarta secara efektif.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)