SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Stop Khawatir dan Menerka-nerka, Ini Lho Daftar Jabatan yang Boleh Diisi Oleh Pekerja Asing

Jumat, 13 September 2019 10:47 by reinasoebisono | 541 hits
Stop Khawatir dan Menerka-nerka, Ini Lho Daftar Jabatan yang Boleh Diisi Oleh Pekerja Asing
Image source: TURC

DREAMERS.ID - Isu tenaga kerja asing marak diperbincangkan karena menimbulkan kekhawatiran tenaga kerja lokal atau dalam negeri tergantikan dengan pihak-pihak asing. Padahal, ternyata ada peraturan soal posisi-posisi apa saja yang boleh diduduki tenaga kerja asing, lho.

Melansir Detik, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menerbitkan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan (Kepmenaker) Nomor 228 Tahun 2019 tentang Jabatan Tertentu Yang Dapat Diduduki Oleh Tenaga Kerja Asing (TKA). Ada 18 kategori usaha yang diperbolehkan.

Mulai dari konstruksi, real estae, pendidikan, pengangkutan dan pergudangan, informasi dan telekomunikasi, pertambangan dan penggalian, bahkan sampai aktivitas jasa, profesional, ilmiah dan teknis pun diatur.

Tak hanya bidang usahanya, namun posisi jabatan dalam perusahaan tersebut pun ada aturannya. Contohnya di bidang pendidikan, tenaga asing hanya mengisi posisi kepala sekolah menengah atas hingga guru sejumlah mata pelajaran. Tidak di bidang keuangan dan administrasi sejenisnya.

Di bidang industri pun seperti itu, tenaga asing hanya mengisi jabatan selevel manajer tenaga ahli, spesialis hingga penasihat.  Jadi masih banyak sekali bidang usaha dan posisi strategis yang bisa diisi oleh tenaga kerja lokal, terutama untuk para fresh graduate. Apa kamu salah satunya?

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Rabu (16/10) kemarin PT Angkasa Pura II telah menandatangi perjanjian kerja sama dengan PT PLN. Penandatangan ini dilakukan untuk program Kerja Sama Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai....
  • HOT !
    Ujaran kebencian bisa muncul dari isu rasis, bahkan di dalam negeri sendiri. Padahal, hasil penelitian terbaru membuktikan jika Indonesia tidak memiliki istilah ‘pribumi’. Keanekaragaman etnis yang ada di Indonesia juga menjadi salah satu buktinya....
  • HOT !
    Penurunan permukaan tanah di Jakarta sudah dianggap menjadi persoalan serius. Di wilayah Utara Jakarta, air laut telah masuk ke wilayah pemukiman. Bahkan Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan jika air laut sudah mencapai Monumen Nasional atau Monas, apa artinya?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)