home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ganasnya Kebakaran Hutan Amazon Selama Tiga Minggu yang Luput dari Sorotan Media

Jumat, 23 Agustus 2019 12:23 by muthiasp | 876 hits
Ganasnya Kebakaran Hutan Amazon Selama Tiga Minggu yang Luput dari Sorotan Media
Image source: rainforesttrust

DREAMERS.ID - Hutan hujan Amazon tidak hanya dikenal sebagai tempat dengan lebatnya pohon atau yang memiliki sungai terpanjang di dunia. Tetapi hutan Amazon merupakan penyumbang terbesar oksigen di bumi yang saat ini kita nikmati.

Bumi pun kini diibaratkan sedang terkena penyakit kanker paru-paru, pasalnya Amazon sering disebut sebagai paru-paru planet ini, menghasilkan 20% oksigen di atmosfer Bumi, karena mengalami kebakaran hebat selama tiga minggu belakangan ini.

Berdasarkan laporan CNN, kebakaran mencapai tingkat tertinggi sejak pusat penelitian Institut Nasional untuk Penelitian Luar Angkasa (dikenal dengan singkatan INPE), mulai melacaknya pada tahun 2013. Ada 72.843 kebakaran di Brasil tahun ini, dengan lebih dari setengahnya terjadi di wilayah Amazon, kata INPE.

Baca juga: Leonardo DiCaprio Dituding Presiden Brazil Jadi Dalang Kebakaran Hutan Amazon

Kebakaran meningkat 80% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Ini dianggap penting dalam memperlambat pemanasan global, dan merupakan rumah bagi spesies fauna dan flora yang tak terhitung jumlahnya. Sekitar setengah ukuran Amerika Serikat, itu adalah hutan hujan terbesar di planet ini.

Beberapa kota di Amerika Selatan terkena dampak kabut asap, bahkan telah mencapai semua jalan ke Sao Paulo, lebih dari 1.700 mil jauhnya. Aktivis lingkungan memperingatkan bahwa jika Amazon mencapai titik tidak bisa kembali, hutan hujan bisa menjadi savana kering, tidak lagi layak huni bagi banyak satwa liar.

Lebih lanjut, INPE melaporkan bahwa lahan yang terbakar setiap menit setiap harinya di hutan hujan Amazon adalah seluas setengah lapangan bola. Jika ini terjadi, itu bisa mulai mengeluarkan karbon - pendorong utama perubahan iklim.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Gilang, fetish kain jarik akhirnya berhasil ditangkap pihak kepolisian. Gilang ditangkap saat berada di kampung halamannya, Kapuas, Kalimantan Tengah pada Kamis (6/8/2020)....
  • HOT !
    Presiden Amerika Serikat Donald Trump adalah satu dari para tokoh yang masih meremehkan bahaya dari COVID 19. Bahkan hal itu diucapkannya dalam sesi wawancara bersama dengan Fox News beberapa waktu lalu....
  • HOT !
    Beberapa wilayah di Korea Selatan, termasuk ibukota Seoul, diguyur hujan lebat sejak akhir pekan kemarin. Hal itu membuat air sungai Han meluap dan membuat sejumlah wilayah mengalami banjir bandang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)