SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wajib Tahu Kelebihan dan Kekurangan Ibu Kota Baru yang Jadi Pindah Ke Kalimantan Timur

Jumat, 23 Agustus 2019 10:11 by reinasoebisono | 835 hits
Wajib Tahu Kelebihan dan Kekurangan Ibu Kota Baru yang Jadi Pindah Ke Kalimantan Timur
Image source: Tribunnews

DREAMERS.ID - Lokasi Ibu Kota Baru Indonesia telah diputuskan pindah ke Provinsi Kalimantan Timur atau Kaltim dan disampaikan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil pada Kamis (22/8) kemarin.

"Iya, Kaltim benar, tapi belum tahu lokasi spesifiknya di mana yang belum," katanya. 

Berdasarkan dokumen rencana pemindahan ibu kota Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) via Detik, Kaltim memiliki 8 keunggulan sebagai ibu kota baru.

Pertama, Kaltim dekat dengan dua bandar udara atau bandara besar di Balikpapan, yaitu Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, dan bandara besar di Samarinda yaitu Bandara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto.

Baca juga: Kebakaran Kalimantan Darurat Asap, Apa Kabar Lokasi Ibu Kota Baru Indonesia?

Kedua, Kaltim dekat dengan akses jalan tol Balikpapan-Samarinda yang sepanjang 99.35 kilometer (km). Yang ketiga, Kaltim dekat dengan Pelabuhan Semayang Balikpapan. Serta memiliki infrastruktur jaringan energi dan air bersih untuk poin keempat.

Di poin kelima, Kaltim memiliki struktur demografi yang heterogen, alias penduduk Kaltim sebagian besar adalah pendatang. Sehingga dapat lebih mudah menerima hal baru atau bertemu dengan pendatang baru. Karena pemindaha ibu kota ke Kaltim juga memindahkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Jakarta.

Keenam, lokasi delineasi Kaltim dilewati Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II di sekitar Selat Makassar. Keunggulan tersebut membuat Kaltim bebas dari bencana alam seperti gempa bumi dan kebakaran hutan.

Ketujuh, letak Kaltim tidak berbatasan langsung dengan batas negara. Terakhir, Kaltim memiliki ketersediaan lahan dengan status Area Penggunaan Lain (APL), hutan produksi dengan konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI) dan hutan produksi yang bebas konsesi, keunggulan ini menjadi bekal pemerintah untuk mempermudah pengadaan lahan ibu kota baru.

Meski begitu, Kaltim memiliki dua kelemahan. Pertama, Kaltim masih memiliki potensi bencana banjir pada wilayah yang dekat dengan hulu Daerah Aliran Sungai (DAS). Kedua, ketersediaan sumber daya air tanah di Kaltim masih rendah.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Kamis (19/9) lalu terjadi dua kali gempa berkekuatan 6 skala richter dari Laut Jawa. Gempa ini diinformasikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berada lebih dari kedalaman 300km yang dinilai tidak biasa....
  • HOT !
    Jika biasanya area apartemen mewah dikelilingi oleh fasilitas dan suasana berkelas dan mahal, lain halnya dengan salah satu area apartemen di kawasan Jakarta Pusat satu ini....
  • HOT !
    Publik tengah dihebohkan dengan polisi Korea Selatan yang dikatakan telah menemukan pelaku kasus pembunuhan paling keji di Negeri Ginseng. Namun pada Kamis (19/9), polisi menyatakan bahwa pria 56 tahun yang diidentifikasi sebagai tersangka utama kasus tersebut membantah terlibat dalam pembunuhan berantai....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AfifahCahyani
Cast : Koo Junhoe & Park Della

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)