home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Disebut Sebabkan Macet dan Masalah Lainnya, Inilah Alasan Kemenhub Tak Bisa Batasi Kuota Ojek Online

Senin, 12 Agustus 2019 15:10 by reinasoebisono | 1136 hits
Disebut Sebabkan Macet dan Masalah Lainnya, Inilah Alasan Kemenhub Tak Bisa Batasi Kuota Ojek Online
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Ojek online bukan lagi jadi pemandangan asing di kota-kota besar Indonesia kini, terutama di Ibu Kota Jakarta. Namun banyaknya ojek online berimbas menjadi kemacetan dan padatnya lalu lintas atau area perkantoran di jam-jam padat.

Namun ternyata memang Kementerian Perhubungan mengaku pihaknya tidak bisa mengatur pembatasan kuota driver ojek online atau ojol tersebut. Alasannya, karena yang bisa dibatasi adalah angkutan umum. Sedangkan sepeda motor, yang dalam hal ini adalah ojek, tidak masuk dalam kategori transportasi umum.

"Kita sih memang belum ada, karena mereka ini kan bukan angkutan umum, meski mirip gitu. Proses bisnis ojol ini kan beda sama angkutan umum," kata Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi. "Sepeda motor kan nggak didedikasikan untuk angkutan umum jadi mereka kalau untuk transportasi sifatnya sampingan aja,"

Baca juga: Ojek Online Justru Diuntungkan dengan Adanya Omnibus Law?

Mengenai pembatasan kuota driver ojol sendiri, Budi menyerahkannya ke aplikator. Nantinya aplikator yang akan mengatur kuota driver lewat sistem algoritma aplikasinya. "Jadi by sistem yang ngatur aplikator, kita nggak bisa kontrol. Kalau pemain dua kita sepakat begitu," kata Budi.

Sebelumnya, para driver turut mengeluhkan membludaknya jumlah pengemudi ojek online yang membuat persaingan menjadi semakin sulit. Ketua Presidium Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Igun Wicaksono menilai saat ini jumlah driver tidak seimbang dengan penumpangnya.

"Sekarang ini keluhan kita kebanyakan driver yang sebabkan persaingan jadi ketat. Kami ini kelebihan supply pengemudi, supply demand nggak imbang," ungkap Igun.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)