SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Disebut Sebabkan Macet dan Masalah Lainnya, Inilah Alasan Kemenhub Tak Bisa Batasi Kuota Ojek Online

Senin, 12 Agustus 2019 15:10 by reinasoebisono | 982 hits
Disebut Sebabkan Macet dan Masalah Lainnya, Inilah Alasan Kemenhub Tak Bisa Batasi Kuota Ojek Online
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Ojek online bukan lagi jadi pemandangan asing di kota-kota besar Indonesia kini, terutama di Ibu Kota Jakarta. Namun banyaknya ojek online berimbas menjadi kemacetan dan padatnya lalu lintas atau area perkantoran di jam-jam padat.

Namun ternyata memang Kementerian Perhubungan mengaku pihaknya tidak bisa mengatur pembatasan kuota driver ojek online atau ojol tersebut. Alasannya, karena yang bisa dibatasi adalah angkutan umum. Sedangkan sepeda motor, yang dalam hal ini adalah ojek, tidak masuk dalam kategori transportasi umum.

"Kita sih memang belum ada, karena mereka ini kan bukan angkutan umum, meski mirip gitu. Proses bisnis ojol ini kan beda sama angkutan umum," kata Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi. "Sepeda motor kan nggak didedikasikan untuk angkutan umum jadi mereka kalau untuk transportasi sifatnya sampingan aja,"

Baca juga: Gaspol 'Gundala' Hadir di Jalanan Melawan Gojek dan Grab

Mengenai pembatasan kuota driver ojol sendiri, Budi menyerahkannya ke aplikator. Nantinya aplikator yang akan mengatur kuota driver lewat sistem algoritma aplikasinya. "Jadi by sistem yang ngatur aplikator, kita nggak bisa kontrol. Kalau pemain dua kita sepakat begitu," kata Budi.

Sebelumnya, para driver turut mengeluhkan membludaknya jumlah pengemudi ojek online yang membuat persaingan menjadi semakin sulit. Ketua Presidium Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Igun Wicaksono menilai saat ini jumlah driver tidak seimbang dengan penumpangnya.

"Sekarang ini keluhan kita kebanyakan driver yang sebabkan persaingan jadi ketat. Kami ini kelebihan supply pengemudi, supply demand nggak imbang," ungkap Igun.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Pihak Kementerian Perhubungan atau Kemenhub dilaporkan melakukan pemeriksaan terhadap pesawat milik maskapai Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Lion Air serta Batik Air. Pesawat dengan jenis Boeing 737 New Generation itu pun memberikan hasil cukup mengejutkan....
  • HOT !
    Alison French (57) adalah pemilik dari anjing Shih Tzu, bernama Looby yang telah berumur 14 tahun. Anjing milik Alison dikabarkan telah melawan kanker limfoma selama hampir tiga tahun, padahal sebelumnya, dokter mengatakan bahwa Looby hanya dapat bertahan selama beberapa minggu saja....
  • HOT !
    Setelah insiden penusukan yang menimpanya, Wiranto dikabarkan mendapatkan luka tusuk di usus. Maka, kerentanan infeksi dan kontaminasi yang disebabkan oleh luka tusukan akan jauh lebih besar. ...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : deandeyy
Cast : - Oh Se Hun -Xi Lu Han - Han Ji Ae - Shin Min Hee

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)