SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Udara Jakarta Kembali Jadi yang Terburuk, Ternyata Bekasi dan Tangsel Lebih Parah?

Senin, 12 Agustus 2019 11:27 by reinasoebisono | 7585 hits
Udara Jakarta Kembali Jadi yang Terburuk, Ternyata Bekasi dan Tangsel Lebih Parah?
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Sempat membaik pada pekan lalu, kini situs penyedia data polusi udara yaitu AirVisual kembali mencatat Ibu Kota DKI Jakarta adalah kota dengan polusi udara terburuk di dunia. Namun ternyata ada fakta mencengangkan lain yang nampak.

Dilansir dari Kompas, kualitas udara Kota Bekasi, Jawa Barat dan Tangerang Selatan atau Tangsel di Banten lebih buruk dibandingkan Jakarta. Hal ini didapat dari data AirVisual pada Senin (12/8) hingga pukul 08.20 WIB. Kualitas Kota Bekasi dan Tangsel sama-sama ‘merah’.

Di mana Bekasi berada di angka 182, sementara Tangsel 198. Padahal, pagi ini AirVisual mencatat jika pagi ini Jakarta jadi kota besar dunia yang memiliki polusi udara terburuk dengan tingkat kualitas udara 163.

Baca juga: Jangan Pusing Simpang Siur, Ini Cara Buat Keluar Masuk Jakarta

Pengukuran AirVisual terhadap kualitas udara dilakukan menggunakan parameter PM (particulate matter) 2,5 alias pengukuran debu berukuran 2,5 mikron berstandar US AQI (air quality index). Badan Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan, ambang batas sehat konsentrasi PM 2,5 di sebuah kota tak dapat lebih dari 25 mikrogram per meter kubik (mikrogram/meterkubik) dalam 24 jam.

Sementara itu, konsentrasi PM 2,5 Bekasi pagi ini mencapai 115 mikrogram/meterkubik, sementara konsentrasi PM 2,5 Tangsel ada di angka 145,8 mikrogram/meterkubik. Kualitas buruk tersebut dapat mengakibatkan gangguan pada paru-paru dan jantung, terutama pada kelompok sensitive dengan resiko tinggi.

Karena itulah, kelompok sensitive direkomendasikan mengurangi kegiatan di luar ruangan. Sementara warga yang beraktifitas di luar ruang dianjurkan untuk mengenakan masker guna menangkal polusi udara.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Guinness World Records telah banyak mencatat rekor di dunia, salah satunya adalah pria tertua di dunia. Namun, pada Kamis (28/05) pria tertua di dunia bernama Bob Weighton dikabarkan telah meninggal dunia karena penyakit kanker....
  • HOT !
    Korea Selatan termasuk negara yang cukup berhasil melawan pandemi virus corona, walaupun saat ini sedang ada gelombang kedua dari kluster kelab dan karaoke. Presiden Moon Jae In pun memberikan update tentang apa saja yang sudah dilakukan pemerintah....
  • HOT !
    PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar di wilayah DKI Jakarta akan berakhir pada 4 Juni mendatang. Menyusul hal tersebut, puluhan pusat perbelanjaan atau mal dijadwalkan untuk buka sehari setelahnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)