home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Himbauan Gubernur Anies Jangan Gunakan Kantong Plastik di Pembagian Daging Kurban, Pakai Bambu Lagi?

Selasa, 30 Juli 2019 10:48 by reinasoebisono | 1321 hits
Himbauan Gubernur Anies Jangan Gunakan Kantong Plastik di Pembagian Daging Kurban, Pakai Bambu Lagi?
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Masih ingat dengan seni bambu Getah-getih yang menghebohkan di dekat Bundaran HI karena memakan biaya besar namun hanya bertahan 6 bulan? Dengan beberapa alasan, Gubernur Anies Baswedan kini nampaknya kembali terinspirasi dari bambu untuk meningkatkan program daging hewan kurban di Hari Raya Idul Adha thaun ini.

Karena sebelumnya, Gubernur Anies menghimbau warga untuk tidak menggunakan kantong plastic, terutama yang hitam untuk mendistribusikan daging hewan kurban. Kini, Gubernur Anies mengatakan sebaiknya menggunakan besek bambu.

"Jadi hindari penggunaan plastik, apalagi plastik warna hitam. Gunakan apa? Yang bisa daur ulang, paling gampang besek. Besek terbuat dari? Bambu lagi sempat ramai kemarin gara-gara bambu," kata Anies di acara penutupan 'Pelatihan Pengelola Masjid dan Pelepasan Petugas Kesehatan Hewan dan Daging Kurban Tahun 2019'.


Besek Bambu (Detik)

Baca juga: Momen ‘Guncangan’ Prabowo Ke Anies, ‘Kalau Kontestasi Tidak Keras Namanya Bukan Pilihan Rakyat’

Dalam acara yang dihadiri oleh jajaran Pemprov DKI dan petugas pemeriksa kesehatan hewan kurban itu, Anies menyerahkan secara simbolis besek bamboo kepada petugas masjid. Besek tersebut berwarna cokelat dan berbentuk kotak.

"Tapi yang pasti besek dibuat perajin bambu, jadi nanti ribuan masjid di Jakarta kalau ganti plastik ke bambu dirasakan manfaat petani dan perajin bambu," imbuh Anies. "Kita ingin ini bisa daur ulang bisa dibersihkan untuk kebutuhan lain. Kalau plastik hanya bisa sekali pakai, gunakan besek sudah bisa daur ulang bisa dipakai berkali-kali,"

Menurut Anies, penggunaan besek bambu bisa menggerakkan ekonomi kerakyatan karena dimanfaatkan perajin besek bambu. Mantan Mendikbud itu mengaku siap menampung besek dari perajin bambu.

"Ikut menggerakkan rakyat kecil, jadi sejak pekan lalu PD Pasar Jaya aktif kumpulkan supplier besek. Perajin besek saya sampaikan Jakarta siap menampung besek," tutur Anies. 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)