SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Di Balik Pernyataan KPU Sebut Kubu Prabowo Gagal Paham Soal Situng Pemilu 2019, Tak Mungkin Manipulasi Suara

Selasa, 18 Juni 2019 14:16 by reinasoebisono | 613 hits
Di Balik Pernyataan KPU Sebut Kubu Prabowo Gagal Paham Soal Situng Pemilu 2019, Tak Mungkin Manipulasi Suara
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Sistem Informasi Penghitungan Suara atau Situng Komsi Pemilihan Umum (KPU) adalah salah satu yang dipermasalahkan oleh kubu 02 Prabowo-Sandi sehingga menggugat hasil perolehan suara di Pilpres 2019.

Di sidang lanjutan Mahkamah Konstitusi hari ini, Selasa (18/6), Kuasa Hukum KPU Ali Nurdin mengatakan jika kubu 02 telah keliru dan gagal paham karena mempermasalahkan kesalahan input data Situng.

"Pemohon telah keliru atau gagal paham dalam menempatkan Situng pada proses penghitungan dan rekapitulasi penghitungan suara," kata Ali.

Ali menegaskan, pencatatan data pada Situng KPU bukan merupakan sumber data rekapitulasi berjenjang yang jadi dasar penghitungan di tingkat nasional. Melainkan Situng hanyalah alat bantu yang berbasis teknologi informasi.

Baca juga: Dikotori Oleh Kekerasan, Berbagai Gaya Media Asing Beritakan Putusan MK Soal Sengketa Pilpres 2019

Hal ini guna mendukung akuntabilitas kinerja dalam pelaksanaan tahapan pemungutan perhitungan rekapitulasi, serta penetapan hasil penghitungan suara Pemilu 2019. Hal ini juga telah ditegaskan dalam keputusan KPU Nomor 536 tahun 2009 tentang petunjuk penggunaan sistem informasi penghitungan suara.

Lebih lanjut, KPU juga mengakui adanya kesalahan pencatatan data Situng namun telah diperbaiki. Kesalahan itu pun hanya berkisar 0,00026% sehingga dinilai tidak signifikan jika kubu Prabowo menyimpulkan adanya rekayasa atau manipulasi perolehan suara.

"Tuduhan rekayasa Situng untuk memenangkan salah satu pasangan calon adalah tuduhan yang tidak benar atau bohong," ujar Ali mengutip Kompas.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Bulan Desember tentunya menjadi salah satu bulan yang spesial bagi umat Kristiani, karena bulan ke 12 ini merupakan bulan dimana Sang Mesias, Yesus Kristus telah lahir ke dunia....
  • HOT !
    Entah apa yang terjadi di tanah Bollywood, ketika seorang perempuan India berusia 23 tahun yang merupakan korban pemerkosaan massal justru dibakar hidup hidup saat dalam perjalanan menuju ke pengadilan untuk memperjuangkan keadilannya....
  • HOT !
    Sudah bukan rahasia lagi bahwa hubungan suami istri antara Donald Trump dan Melania Trump sedang berada dalam situasi yang dingin. Hal ini dibenarkan dalam buku ‘Free, Melania’ yang mengatakan bahwa saat ini Melania dan juga Trump tidur secara terpisah di Gedung Putih....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)