SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Terlanjur Viral, Pahami Istilah Codeshare Agar Tak Salah Paham Soal Maskapai Asing Layani Rute Domestik

Jumat, 14 Juni 2019 20:00 by reinasoebisono | 825 hits
Terlanjur Viral, Pahami Istilah Codeshare Agar Tak Salah Paham Soal Maskapai Asing Layani Rute Domestik
Image source: Jakarta Post

DREAMERS.ID - Istilah codeshare jadi viral setelah beredar kabar menghebohkan adanya maskapai asing yang melayani penerbangan rute domestik Indonesia. Meski telah diberi penjelasan oleh Menteri Perhubungan, namun diminta tetap ada sosialisasi agar tidak terjadi kesalahpahaman yang berkelanjutan.

Melansir Merdeka, penerbangan codeshare adalah salah satu cara untuk memaksimalkan layanan penerbangan sekaligus menjawab kebutuhan masyarakat terhadap pengembangan jaringan rute penerbangan internasional dan domestik.

"Penerbangan code share ini harus diinformasikan kepada penumpang dari mulai proses pemesanan tiket hingga pelaksanaan penerbangan, yaitu diumumkan dalam penerbangan," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti.


Image source: Tribunnews

Ia menjelaskan jika codeshare merupakan perjanjian kerja sama pelayanan penerbangan antara dua maskapai atau lebih dalam melayani satu rute penerbangan. Penerbangan codeshare memiliki nomor dan kode penerbangan yang berbeda untuk masing-masing maskapai dan dapat dilaksanakan pada rute internasional dan domestik.

"Untuk penerbangan code share, masing-masing maskapai dapat menjual tiket penerbangan di rute yang sama, namun hanya satu maskapai yang mengoperasikan penerbangan di rute tersebut," ujarnya.

Baca juga: Kocaknya Pramugara Ini Peragakan Prosedur Keselamatan Bikin Penerbangan Makin Menyenangkan

Barulah sebagai pelaksana, penerbangan codeshare harus perusahaan penerbangan nasional. Maskapai asing hanya bertindak sebagai pihak pemasar (marketing carrier) sedangkan perusahaan penerbangan nasional sebagai pelaksana operasi (operting carrier).

Dalam kasus yang viral ini, China Airlines berperan sebagai pihak pemasar penerbangan rute Jakarta-Makassar, sementara Garuda Indonesia sebagai pelaksana operasi. Penerbangan codeshare biasa dilakukan oleh maskapai dalam satu aliansi.

Contohnya adalah aliansi Sky Team, One World dan Star Alliance. Dalam hal ini, Garuda Indonesia merupakan anggota dari Sky Team. Ditegaskan lagi oleh Polana agar seluruh maskapai meningkatkan pelayanannya dengan tetap mengutamakan tiga aspek utama penerbangan yaitu keselamatan, keamanan dan pelayanan.

"Keselamatan penerbangan merupakan tanggung jawab bersama. Semuanya harus berkerjasama dalam menciptakan penerbangan yang selamat, aman, dan nyaman," tutupnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Potensi gempa 8.8 skala richter dan tsunami 20 meter di pesisir Jawa muncul belakangan ini tentu meresahkan masyarakat. Karena bagaimana pun, gempa selama ini hanya bisa diprediksi besaran dan dampaknya, belum bisa diperkirakan kapan waktu akan terjadinya....
  • HOT !
    Banyaknya negara di seluruh dunia, mungkin menjadi salah satu faktor kita tidak menyadari keberadaan satu sama lain. Bahkan fakta bahwa ternyata terdapat beberapa negara di dunia yang sudah dihapus dari peta dunia....
  • HOT !
    Pertemuan antara Joko Widodo sang presiden terpilih dan rivalnya di kontestasi Pilpres 2019 lalu membekas di ingatan. Pertemuan tanpa aba aba itu terjadi di Stasiun MRT Lebak Bulus hingga Senayan dan berakhir dengan makan manis di salah satu mall di Jaksel....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)