SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Viral Maskapai Cina Langgar Aturan Layani Penerbangan Domestik Jakarta-Makassar

Jumat, 14 Juni 2019 15:55 by reinasoebisono | 944 hits
Viral Maskapai Cina Langgar Aturan Layani Penerbangan Domestik Jakarta-Makassar
Image source: Taiwan News

DREAMERS.ID - Media sosial tengah dihebohkan dengan kabar viral sebuah maskapai asing yang melayani rute penerbangan domestik Indonesia. Karena bagaimana pun, secara aturan hal semacam itu melanggar undang-undang Indonesia.

Melansir Detik, kabar yang beredar maskapai China Airlines membuka rute Jakarta-Makassar. Hal ini melanggar Undang-undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan, yang dijelaskan pada pasal 108.

Pada ayat 2 di pasal tersebut dinyatakan badan usaha angkutan udara niaga nasional sebagaimana dimaksud pada ayat 1 seluruh atau sebagian besar modalnya, harus dimiliki oleh badan hukum Indonesia atau warga negara Indonesia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi angkat bicara soal kabar viral tersebut yang sebenarnya adalah codeshare antara Garuda Indonesia dan China Airlines. Codeshare merupakan perjanjian kerja sama pelayanan penerbangan antara dua maskapai atau lebih dalam melayani satu rute penerbangan. 

"Sebenarnya tidak ada, itu codeshare, antara Garuda dengan itu (China Airlines)," kata Budi Karya

Baca juga: Kocaknya Pramugara Ini Peragakan Prosedur Keselamatan Bikin Penerbangan Makin Menyenangkan

Pihak Garuda Indonesia juga memberi penjelasan dengan mengatakan dalam melayani rute Jakarta-Makassar tetaplah Garuda yang mengoperasikannya, bukan China Airlines sebagaimana kabar yang beredar di jagat maya.

"Jadi codeshare-nya di rute Jakarta-Makassar. Nah Jakarta-Makassar yang terbang Garuda. Tapi dia bisa menjual seat kita di Taipei sana, dia bisa jual," ujarnya.

Penjelasannya, pihak China Airlines menjual tiket dengan dua kode penerbangan, yaitu China Airlines dan Garuda Indonesia. Penumpang pun diinfokan jika penerbangan yang mereka naiki adalah penerbangan codeshare.

"Ke penumpang kita bilang, bapak naik China Airlines (menuju Jakarta), sampai Jakarta terbangnya dengan Garuda (ke Makassar). Di tiket dia dua penerbangan," paparnya yang juga mengatakan jika China Airlines bukan maskapai Cina, melainkan milik Taiwan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Potensi gempa 8.8 skala richter dan tsunami 20 meter di pesisir Jawa muncul belakangan ini tentu meresahkan masyarakat. Karena bagaimana pun, gempa selama ini hanya bisa diprediksi besaran dan dampaknya, belum bisa diperkirakan kapan waktu akan terjadinya....
  • HOT !
    Banyaknya negara di seluruh dunia, mungkin menjadi salah satu faktor kita tidak menyadari keberadaan satu sama lain. Bahkan fakta bahwa ternyata terdapat beberapa negara di dunia yang sudah dihapus dari peta dunia....
  • HOT !
    Pertemuan antara Joko Widodo sang presiden terpilih dan rivalnya di kontestasi Pilpres 2019 lalu membekas di ingatan. Pertemuan tanpa aba aba itu terjadi di Stasiun MRT Lebak Bulus hingga Senayan dan berakhir dengan makan manis di salah satu mall di Jaksel....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)