home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Viral Maskapai Cina Langgar Aturan Layani Penerbangan Domestik Jakarta-Makassar

Jumat, 14 Juni 2019 15:55 by reinasoebisono | 1010 hits
Viral Maskapai Cina Langgar Aturan Layani Penerbangan Domestik Jakarta-Makassar
Image source: Taiwan News

DREAMERS.ID - Media sosial tengah dihebohkan dengan kabar viral sebuah maskapai asing yang melayani rute penerbangan domestik Indonesia. Karena bagaimana pun, secara aturan hal semacam itu melanggar undang-undang Indonesia.

Melansir Detik, kabar yang beredar maskapai China Airlines membuka rute Jakarta-Makassar. Hal ini melanggar Undang-undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan, yang dijelaskan pada pasal 108.

Pada ayat 2 di pasal tersebut dinyatakan badan usaha angkutan udara niaga nasional sebagaimana dimaksud pada ayat 1 seluruh atau sebagian besar modalnya, harus dimiliki oleh badan hukum Indonesia atau warga negara Indonesia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi angkat bicara soal kabar viral tersebut yang sebenarnya adalah codeshare antara Garuda Indonesia dan China Airlines. Codeshare merupakan perjanjian kerja sama pelayanan penerbangan antara dua maskapai atau lebih dalam melayani satu rute penerbangan. 

"Sebenarnya tidak ada, itu codeshare, antara Garuda dengan itu (China Airlines)," kata Budi Karya

Baca juga: Ironi Dari Para Ahli: Harga Tiket Pesawat Turun Drastis Tapi Bukan Saat Yang Tepat Untuk Membeli

Pihak Garuda Indonesia juga memberi penjelasan dengan mengatakan dalam melayani rute Jakarta-Makassar tetaplah Garuda yang mengoperasikannya, bukan China Airlines sebagaimana kabar yang beredar di jagat maya.

"Jadi codeshare-nya di rute Jakarta-Makassar. Nah Jakarta-Makassar yang terbang Garuda. Tapi dia bisa menjual seat kita di Taipei sana, dia bisa jual," ujarnya.

Penjelasannya, pihak China Airlines menjual tiket dengan dua kode penerbangan, yaitu China Airlines dan Garuda Indonesia. Penumpang pun diinfokan jika penerbangan yang mereka naiki adalah penerbangan codeshare.

"Ke penumpang kita bilang, bapak naik China Airlines (menuju Jakarta), sampai Jakarta terbangnya dengan Garuda (ke Makassar). Di tiket dia dua penerbangan," paparnya yang juga mengatakan jika China Airlines bukan maskapai Cina, melainkan milik Taiwan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Pada awal bulan ini, Big Hit Entertainment telah mengajukan pendaftaran untuk go public di pasar saham. Dan pada 28 September, sudah ditetapkan bahwa harga IPO untuk saham mereka adalah 135.000 won (sekitar 1,7 juta rupiah) per lembar....
  • HOT !
    Setiap orang memiliki mimpi untuk mempunyai rumah idaman yang layak, nyaman dan memiliki keunikan sendiri yang berbeda dengan rumah lainnya. Seperti pasangan dari Seoul ini memiliki rumah unik kecil yang dirancangnya sendiri....
  • HOT !
    Seiring cuaca yang perlahan mendingin menuju musim gugur, Korea Selatan bersiap untuk musim flu yang bertepatan dengan gelombang kedua COVID 19, yang dapat mengakibatkan 'twindemic' yang ditakuti....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)