SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Efek Panjang Gas Air Mata Dari Warga Jakarta Persulit Aktivitas, Akan Terjadi Berapa Lama?

Kamis, 23 Mei 2019 10:37 by reinasoebisono | 699 hits
Efek Panjang Gas Air Mata Dari Warga Jakarta Persulit Aktivitas, Akan Terjadi Berapa Lama?
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Warga Ibu Kota DKI Jakarta telah bekerja dan kembali beraktivitas seperti biasa. Sayangnya, aktivitas tersebut terhalang dan menjadi tidak nyaman karena efek gas air mata karena merasakan mata perih saat berada di jalanan.

Tak sedikit dari mereka yang memakai sapu tangan atau menutup mulut serta hidung serta berjalan cepat-cepat sepanjang kawasan MH. Thamrin. Seorang karyawan yang berkantor di area tersebut juga melaporkan hal yang ia rasakan.

"Kemarin kerja setengah hari, suasana sih kita lihat sudah kondusif... (mengapa pakai sapu tangan) soalnya debu, sama agak perih mata, mata masih perih," ungkap Cahyadi melansir Detik.

Komponen gas air mata sendiri terbentuk dari macam-macam zat yang mempengaruhi efek bertahannya. Dan ternyata, gas air mata bukanlah terbuat dari gas, melainkan bubuk yang mengembang ke udara sebagai kabut halus.

"Saya menganggap gas air mata sebagai gas rasa sakit, karena secara langsung mengaktifkan reseptor rasa sakit," kata Sven-Eric Jordt, ahli anestesi di Universitas Duke telah mempelajari gas air mata selama lebih dari satu dekade

Secara khusus, semua agen gas air mata sebenarnya mengaktifkan dua reseptor rasa sakit dalam tubuh manusia, yaitu TRPA1 atau TRPV1, dan dapat diklasifikasikan ke dalam dua kategori besar berdasarkan yang mana dari reseptor yang mereka aktifkan.

Kategori pertama, agen pengaktif TRPA1, termasuk bahan kimia yang disebut 2-chlorobenzalmalonitrile atau gas CS. Agen ini adalah senyawa yang mengandung klor yang bertiup ke udara sebagai partikel halus.

"Mereka sebenarnya tersebar dengan membakar serta menempel pada kulit atau pakaian dan dapat bertahan untuk sementara waktu," ujar Jordt. Agen ini bereaksi secara kimia dengan biomolekul dan protein pada tubuh manusia yang mana dapat menyebabkan sensasi terbakar teramat sangat.

(rei)

  • HOT !
    Berita terkini di awal pekan dilaporkan terjadi kecelakaan beruntun di Tol Cipali yang merenggut belasan jiwa sementara puluhan lainnya mengalami luka luka. Kecelakaan maut ini disebut terjadi pada Senin (17/6) dini hari tadi....
  • HOT !
    Banyak pihak yang menyarankan dan menginginkan terjadinya eprtemuan dan rekonsiliasi antara dua capres di Pilpres 2019 kemarin, Joko Widodo dan Prabowo Subianto untuk meredam suasana politik yang cukup memanas hingga kini....
  • HOT !
    Sempat viral komentar masyarakat yang melakukan mudik Lebaran 2019 kemarin karena merasa perjalanan mereka melewati tol Cipali hingga Trans Jawa sangat cepat dan tak disangka sangka. Ada yang sampai Madiun hanya 9 10 jam saja dan banyak lagi yang berkomentar sistem one way sangat ampuh di masa arus mudik....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)