SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengintip Ponpes Al Fatah Magetan yang Sholat Tarawih 8 Jam hingga Santri dari Luar Negeri

Senin, 13 Mei 2019 18:19 by reinasoebisono | 47042 hits
Mengintip Ponpes Al Fatah Magetan yang Sholat Tarawih 8 Jam hingga Santri dari Luar Negeri
Image source: Youtube

DREAMERS.ID - Jika biasanya pelaksanaan Sholat Tarawih berkisar hanya 2-3 jam, ada salah satu pondok pesantren yang belakangan menarik perhatian publik karena melaksanakan sholat yang dijalankan pada Bulan Ramadhan itu selama 8 jam setiap malamnya.

Mengutip Detik, Sholat Tarawih 8 jam itu dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu kelompok ustaz dan warga sekitar, serta dua kelompok para santri. Di mana nantinya, satu kelompok memiliki 6 imam setiap malamnya.


Image source: Istimewa

Mereka akan bergantian membacakan 30 juz Al-Qur’an dalam 23 rakaan sholat sunnah tersebut. Kurang lebih setiap imam kebagian membaca 5 juz. Ponpes Al Fatah berada di Desa Temboro, Kecamatan Karas, Magetan yang dipimpin oleh KH Umar Fathullah dan sang adik KH Ubaidillah Ahror.

Dari data yang dihimpun, jumlah santri Ponpes Al Fatah pun mencapai 17 ribu lebih dan ternyata tidak hanya berasal dari berbagai kota di Tanah Air. Namun juga dari sekitar 16 negara asing. Sebut saja beberapa di antaranya dari Malaysia, Singapura, Thailang, Kamboja, Bangladesh, India dan Suriname.


Image source: Istimewa

"Santrinya tidak hanya dari lokal tapi juga berbagai daerah di Indonesia bahkan ada yang dari luar negeri," kata salah satu ustaz di Ponpes Al Fatah, Zaenal Abidin.

Ponpes dengan luas 50 hektare itu, kata Zainal, berada di kampung Madinah. Desa Temboro dijuluki Kampung Madinah karena mayoritas kaum hawa di daerah tersebut mengenakan pakaian berwarna hitam dan bercadar.

Untuk sampai ke ponpes, para santri dari luar kota bisa menggunakan bus umum dan turun di Terminal Maospati, Magetan. Dari terminal tersebut santri bisa menggunakan jasa ojek dan akan menempuh perjalanan 7 km dengan tarif sekitar Rp 20 ribu. Berbeda degan desa lainnya, di sana terdapat mesin ATM hampir semua Bank.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Potensi gempa 8.8 skala richter dan tsunami 20 meter di pesisir Jawa muncul belakangan ini tentu meresahkan masyarakat. Karena bagaimana pun, gempa selama ini hanya bisa diprediksi besaran dan dampaknya, belum bisa diperkirakan kapan waktu akan terjadinya....
  • HOT !
    Banyaknya negara di seluruh dunia, mungkin menjadi salah satu faktor kita tidak menyadari keberadaan satu sama lain. Bahkan fakta bahwa ternyata terdapat beberapa negara di dunia yang sudah dihapus dari peta dunia....
  • HOT !
    Pertemuan antara Joko Widodo sang presiden terpilih dan rivalnya di kontestasi Pilpres 2019 lalu membekas di ingatan. Pertemuan tanpa aba aba itu terjadi di Stasiun MRT Lebak Bulus hingga Senayan dan berakhir dengan makan manis di salah satu mall di Jaksel....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)