SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ternyata Ada Resiko Mengintai Jika Ibu Kota Indonesia Pindah Ke Luar Jawa

Senin, 13 Mei 2019 11:05 by reinasoebisono | 50201 hits
Ternyata Ada Resiko Mengintai Jika Ibu Kota Indonesia Pindah Ke Luar Jawa
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Topik terkini yang kembali mencuat dari lingkaran pemerintah Presiden Jokowi adalah pemindahan Ibu Kota Negara. Bukan lagi sekedar wacana, Presiden Jokowi pun terang-terangan melakukan survei ke beberapa daerah yang dinilai berpotensi menggantikan Jakarta sebagai pusat pemerintahan.

Namun pengamat Ekonomi dar Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Bima Yudhistira, pemerintah ada baiknya memperhatikan sejumlah resiko yang menghadang pemindahan ibu kota sebelum merealisasikannya.

Melansir Liputan6, dengan telah diketahuinya beberapa lokasi yang jadi pilihan lokasi ibu kota baru nantinya, menjadikan lahan bagi para spekulan tanah yang berimbas pada biaya pembebasan lahan yang cukup tinggi.

"Ini pada akhirnya bisa terkait beban utang pemerintah yang semakin membengkak," kata Bima.

Itu baru yang pertama, sedangkan resiko selanjutnya, diketahui salah satu alasan pemindahan ibu kota adalah untuk mengurangi kemacetan. Hal ini dirasa kurang tepat karena pemindahan ibu kota sebenarnya bukan solusi terbaik.

Baca juga: Respon Istana Soal Kabar Ahok Jadi Ketua Tim Ibu Kota Baru Indonesia

"Ini tidak menyelesaikan masalah kemacetan. Jumlah kendaraan dinas ynag berkurang tidak signifikan dibanding kendaraan pribadi dari swasta dan rumah tangga," tambahnya.

Resiko ketiga adalah mampu meningkatkan inflasi. Pada kenyataannya, dengan adanya arus urbanisasi sebagai dampak pemindahan ibu kota negara ini akan menimbulkan melonjaknya harga kebutuhan pokok di kota yang menjadi pilihan pemindahan ibu kota. Dan risiko keempat, pemerintah dinilai harus membangun ekonomi masyarakat yang akan menjadi ibu kota baru sebelum nantinya dipindahkan.

"Ketimpangan di ibu kota baru makin melebar imbas pendatang, karena mereka lebih mampu secara ekonomi, dibanding dengan penduduk lokal yang miskin," pungkasnya.

Rencana pemindahan ibu kota dari DKI Jakarta ini telah direncanakan sejak lama, bahkan Jokowi mengatakan keinginan ini telah muncul sejak era Presiden Soekarno. Ada pun rencana tersebut baru bisa dilakukan dalam lima hingga sepuluh tahun ke depan.

Sebagai informasi, sebelumnya Bappenas telah mengungkapkan jika estimasi biaya yang dikeluarkan untuk pemindahan ibu kota negara bisa mencapai Rp 466 triliun.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Potensi gempa 8.8 skala richter dan tsunami 20 meter di pesisir Jawa muncul belakangan ini tentu meresahkan masyarakat. Karena bagaimana pun, gempa selama ini hanya bisa diprediksi besaran dan dampaknya, belum bisa diperkirakan kapan waktu akan terjadinya....
  • HOT !
    Banyaknya negara di seluruh dunia, mungkin menjadi salah satu faktor kita tidak menyadari keberadaan satu sama lain. Bahkan fakta bahwa ternyata terdapat beberapa negara di dunia yang sudah dihapus dari peta dunia....
  • HOT !
    Pertemuan antara Joko Widodo sang presiden terpilih dan rivalnya di kontestasi Pilpres 2019 lalu membekas di ingatan. Pertemuan tanpa aba aba itu terjadi di Stasiun MRT Lebak Bulus hingga Senayan dan berakhir dengan makan manis di salah satu mall di Jaksel....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)