home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kesaksian WNI yang Jadi Korban Selamat dari Aksi Terorisme di Selandia Baru

Senin, 18 Maret 2019 15:40 by nicnov | 1880 hits
Kesaksian WNI yang Jadi Korban Selamat dari Aksi Terorisme di Selandia Baru
image source: tribunnews/keepo

DREAMERS.ID - Kesaksian para saksi mata pada saat terjadi nya aksi terorisme yang terjadi di masjid Selandia Baru (New Zealand) mulai bermunculan. Mulai dari Warga Indonesia yang berada di sana hingga dengan ada warga yang berusaha mengejar pelaku.

Peristiwa yang sangat kelam ini menjadi mimpi buruk bagi Irfan Yunianto, seorang mahasiswa doctoral asal Indonesia. Irfan yang awalnya menunaikan salat sunnah di masjid, tiba-tiba langsung mendengar suara seperti suara letusan. Situasi saat itu genting. Beruntung Irfan berada persis dekat pintu keluar sehingga bisa melarikan diri.

“Saat itu insting saya mengatakan mungkin ada trafo meledak. Tapi ada suara tembakan beruntun dor dor dor dor, orang-orang mulai panik. Karena posisi saya persis berada di depan pintu emergency exit, saya langsung buka tanpa halangan. Orang-orang pada keluar, saya ikut lari. Kami ke luar, lari ke parkiran mobil di belakang, luas. Semua orang panik, kemudian memanjat pagar,” kata Irfan kepada BBC, Sabtu (16/3).

Baca juga: Kecam Terorisme, PM Selandia Baru Jacinda Ardern Bersumpah Tidak Pernah Sebutkan Nama Pelaku

Selain Irfan, WNI yang selamat dari kejadian tersebut adalah Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala (FKIP Unsyiah) Aceh, Dian Fajrina. Pada saat itu, Dian beserta keluarga ingin melaksanakan salat Jumat di Masjid Al Noor, Christchurch, sejak Minggu lalu karena letaknya cukup dekat dengan tempat mereka tinggal.

Selain dari kesaksian 2 WNI, ada juga kisah heroik seorang WNA bernama Abdul Aziz (48), salah seorang Jemaah laki-laki yang merelakan dirinya menjadi sasaran demi mengalihkan perhatian pelaku agar tidak banyak jatuh korban.

Dilansir dari laman The Telegraph, Abdul Aziz memilih tidak melarikan diri dan berusaha mengalihkan perhatian pelaku dengan cara mengambil benda didekatnya untuk menarik perhatian si pelaku. Sempat terjadi saling kejar dengan pelaku dan memberikan kesempatan kepada 4 putranya dan Jemaah lain untuk melarikan diri. Sempat dikejar oleh Aziz, pelaku kemudian masuk mobil dan melarikan diri. Masjid Linwood sendiri dikabarkan berjarak sekitar 5 kilometer dari Masjid Al Noor.

(nino)

Komentar
  • HOT !
    Najwa Shihab menjadi sorotan publik setelah mewawancarai bangku kosong. Kursi itu disediakan untuk Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang menolak hadir untuk diwawancarai di acaranya ‘Mata Najwa’....
  • HOT !
    Sebanyak tiga mantan petinggi PT Asuransi Jiwasraya (PT AJS) telah dituntut jaksa penuntut umum dengan hukuman penjara seumur hidup hingga 20 tahun penjara. Tindak korupsi ketiga orang ini disebut jaksa telah merugikan negara sekitar Rp 16 triliun!...
  • HOT !
    Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama akan merilis buku memoir berjudul A Promised Land pada 17 November 2020....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)