home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Temuan Data dari Black Box Ethiopian Airlines Perjelas Kecelakaan Persis Seperti Lion Air JT-610

Senin, 18 Maret 2019 13:15 by nicnov | 3513 hits
Temuan Data dari Black Box Ethiopian Airlines Perjelas Kecelakaan Persis Seperti Lion Air JT-610
image source: CNBC indonesia

DREAMERS.ID - Kotak hitam yang dimiliki oleh pesawat Boeing 737 MAX 8 dari maskapai Ethiopian Airlines yang jatuh pada Minggu (10/3/2019) lalu telah ditemukan. Kotak hitam dari pesawat yang jatuh di Ethiopia itu telah dikirim ke Perancis untuk dianalisis.

Menteri Transportasi Etiopia, Damawit Moges, mengatakan data dari kotak hitam yang jatuh hari Minggu (10/3/2019) ini menunjukan “kesamaan yang jelas” dengan insiden yang terjadi pada pesawat sejenis yaitu kecelakaan Lion Air pada 29 Oktober 2018 kemarin. Hasil itu menjadi subjek penelitian lebih lanjut dalam penyelidikan dan laporan awal akan dirilis dalam 30 hari.

Dilansir dari AFP, pihak regulator penerbangan dari awal sudah melihat adanya kesamaan dalam insiden di Ethiopia dengan yang terjadi pada penerbangan Lion Air pada bulan Oktober lalu, yang mana menewaskan 189 orang. Selain dari jenis pesawat yang digunakan, ada beberapa hal krusial lain dari kecelakaan yang persis sama.

Kedua pesawat ini dilaporkan mengalami penaikan dan penurunan curam yang tak menentu, serta kecepatan udara yang berfluktuasi, sebelum jatuh, tak lama setelah lepas landas. Dugaan sementara mengarah kepada sistem Anti-Stalling otomatis yang menjadi fitur terbaru milik Boeing 737 MAX 8, fitur ini dirancang agar secara otomatis mengarahkan hidung pesawat ke bawah jika terdapat risiko kegagalan mesin.

Menurut rekaman data penerbangan (FDR), pilot Lion Air penerbangan JT-610 berjuang mengendalikan pesawat ketika anti-stalling, MCAS, secara otomatis terus berulang kali mendorong hidung pesawat menjadi condong ke bawah setelah lepas landas.

Selanjutnya, kotak hitam Boeing 737 MAX 8 milik pesawat maskapai penerbangan Ethiopian Airlines telah dibawa ke Badan Keamanan Udara Perancis, BEA, bekerja sama dengan Amerika dan Etiopia untuk menguak insiden ini.

(nino)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)