SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dialog Trump - Kim Jong Un Buntu, Tingkat Kepercayaan Warga Korsel ke Presiden Moon Jae In Anjlok

Jumat, 15 Maret 2019 16:45 by muthiasp | 2488 hits
Dialog Trump - Kim Jong Un Buntu, Tingkat Kepercayaan Warga Korsel ke Presiden Moon Jae In Anjlok
Image source: Getty Images

DREAMERS.ID - Presiden Moon Jae In bagaikan penyelamat warga Korea Selatan saat kasus korupsi besar Park Geun Hye terungkap. Belakangan ini, ia aktif mengupayakan perdamaian Semenanjung Korea, namun diskusi yang juga melibatkan Amerika Serikat tak kunjung berbuah hasil.

Seperti yang diketahui, Donald Trump dan Kim Jong Un tidak menemui kesepakatan ketika melangsungkan pertemuan kedua di Hanoi, Vietnam, akhir bulan Februari kemarin. Hal itu rupanya memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap tingkat kepercayaan warga Korsel kepada Moon Jae In.

Dilaporkan oleh Chosun Ilbo, tingkat penolakan Presiden Moon Jae In melampaui angka 50 persen minggu ini, lebih banyak peringkat persetujuannya. Naik 3,3 poin persentase dari minggu lalu. Sementara tingkat persetujuannya adalah 45 persen, turun 1,3 poin persentase, berdasarkan data Realmeter.

Baca juga: Menilik Kasus Narkoba Anak Konglomerat Korea Selatan di 2019, Tertutup Skandal YG?

Lebih lanjut, nilai elektabilitasnya anjlok secara signifikan di antara orang-orang moderat, dari 51,1 persen menjadi 41 persen, orang berusia 30-an dari 66,2 persen menjadi 50,4 persen, dan mereka yang berusia 50-an dari 46,4 persen menjadi 38,6 persen.

Penurunan ini terutama terjadi di Busan, Ulsan, dan Provinsi Gyeongsang Selatan, di mana peringkat persetujuannya turun dari 42,5 persen menjadi 37,1 persen, serta di wilayah ibu kota Seoul (dari 52,8 persen menjadi 44,2 persen).

Realmeter berspekulasi jika itu terkait dengan buntunya akhir dari pertemuan Trump dan Kim Jong Un di Hanoi, "Ketidakpercayaan masyarakat terhadap niat Korea Utara untuk melakukan denuklirisasi dan kebijakan Korea Utara dari pemerintahan Moon Jae In telah meningkat sejak runtuhnya KTT AS-Korea Utar di Hanoi bulan lalu”. 

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Kabar mengejutkan kembali datang dari Negeri Ginseng, Korea Selatan. Pasalnya, setelah 30 tahun lamanya, pelaku pembunuhan berantai yang terjadi di tahun 1986 dan 1991 akhirnya berhasil diidentifikasi....
  • HOT !
    Kondisi kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia, tepatnya di Riau dan Kalimantan membuat kabut asap bertiup hingga ke negara tetangga. Kini giliran Singapura yang terkena imbas kebakaran yang sempat membuat Presiden Jokowi geram ini....
  • HOT !
    Kondisi kebakaran hutan membuat beberapa daerah di Kalimantan harus berhadapan dengan kabut asap. Tidak terkecuali Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur yang merupakan calon ibu kota baru juga terkena dampak asap kebakaran hutan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : arsyaden
Cast : Arsy, Vian, Lee Dong Wook, dkk

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)