home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cara Mudah Kenali Rekam Jejak Caleg Jelang Pemilu 2019 Lewat Situs Ini, Anti Salah Pilih!

Rabu, 13 Maret 2019 18:15 by nicnov | 641 hits
Cara Mudah Kenali Rekam Jejak Caleg Jelang Pemilu 2019 Lewat Situs Ini, Anti Salah Pilih!
image source: Tribunnews

DREAMERS.ID - Sebentar lagi akan tiba pemilu serentak 2019 yang akan mulai pada bulan April nanti. Mungkin masih banyak dari kalian yang belum mengenal caleg atau calon legislatif dari daerah tempat pemilihan kalian. Tidak perlu bingung, karena sekarang ada cara praktisnya.

Dilansir dari laman CNN Indonesia, sejumlah lembaga swadaya masyarakat menyediakan situs yang berisi rekam jejak calon legislatif (caleg) pada pemilu 2019. Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Almas Sjafrina mengatakan inisiatif itu muncul agar pemilih tidak salah pilih di Pileg (Pemilu Legislatif) 2019.

Almas mengatakan pemilih dihadapkan pada pemilihan serentak untuk presiden, wakil presiden, anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan Kabupaten/Kota yang dinilai cukup membingungkan. Selain banyaknya daftar caleg, pemilih nantinya akan dibuat bingung oleh banyaknya rekam jejak dari para caleg yang tidak terekspose.

image source: www.wikidpr.org

Maka dari itu, pihak Almas membuat situs rekamjejak.net, di mana ICW menyediakan data mengenai rekam jejak kasus, politik, dan bisnis dari anggota DPR 2014-2019. Namun, situs tersebut saat ini hanya memuat rekam jejak dari caleg petahanan. Situs ini juga berisi tentang rekam jejak terkait isu korupsi.

image source: www.jariungu.com

“Misalnya, apa pendapat anggota DPR mengenai upaya pemberantasan korupsi, wacana revisi UU KPK, hingga dugaan keterlibatan kasus korupsi. Tidak hanya itu, public juga dapat menambahkan informasi yang relevan untuk kemudian ICW verifikasi dan publikasikan,” Tambahnya.

image source: www.iklancapres.com

Di luar dari situs ICW masih ada beberapa kelompok yang membuat situs rekam jejak versi mereka sendiri, yaitu wikidpr.org dan jariungu.com. Selain caleg, lembaga SatuDunia juga menyediakan situs iklancapres.id, isi dari situs ini berisi tentang informasi terkait konten kampanye di media oleh pasangan capres dan cawapres.

Dengan dibuatnya situs tersebut Almas berharap para pemilih dapat memperhatikan latar belakang calon wakitnya sebelum mencoblos di TPS, “Dengan portal ini, diharapkan pemilih tidak asal pilih, demi terciptanya lembaga legislatif yang jauh lebih baik dari sebelumnya,” imbuhnya.

(nino)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)