SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Deretan Kesamaan Pola Kecelakaan Jatuhnya Pesawat Ethiopian ET302 dan Lion Air JT610

Senin, 11 Maret 2019 19:15 by Fikriah | 503 hits
Deretan Kesamaan Pola Kecelakaan Jatuhnya Pesawat Ethiopian ET302 dan Lion Air JT610
Image source : bbci.co.uk

DREAMERS.ID - Kabar duka kembali datang dari dunia penerbangan. Pada Minggu (10/3/19) pesawat B737 MAX 8 Ethiopian Airlines jatuh lima menit setelah lepas landas dari Addis Ababa. Peristiwa tersebut mengingatkan kita jatuhnya pesawat Lion Air JT610 pada 29 Oktober 2018 lalu.

Usut punya usut ternyata ada sejumlah kesamaan antara jatuhnya pesawat Ethiopian ET302 dengan Lion Air JT610. Dilansir dari kompas.com berikut kesamaan kedua tragedi yang banyak menelan korban tersebut.

1. Memiliki jenis pesawat yang sama

Pesawat yang digunakan Ethiopian Airlines berjenis Boeing B737 MAX 8 serupa dengan pesawat Lion Air JT610.

2. Jatuh sesaat setelah take-off

Pesawat Ethiopian Airlines atau Ethiopian ET302 dan Lion Air JT610 sama-sama mengalami kecelakaan pesawat tak lama setelah take-off dari bandara. Pesawat Ethiopian ET302 jatuh setelah kurang lebih 5 menit melakukan take-off. Sementara, Pesawat Lion Air JT610 jatuh 10 menit setelah take-off dari bandara.

Baca juga: Identitas WNI Korban Jatuhnya Pesawat Ethiopian Airlines yang Ternyata Staf PBB

3. Kesulitan dalam mengendalikan pesawat

Tidak berhenti sampai disitu, kemiripan yang terjadi pada kedua kecelakan pesawat tersebut yakni sama-sama mengalami kesulitan dalam mengendalikan pesawat. Pada sebuah konferensi pers, dikutip KompasTekno dari Aviation Safety, pada Senin (11/3/19), pilot ET302 mengatakan bahwa dirinya mengalami kesulitan dalam mengendalikan pesawat.

Hal yang sama terjadi pada Lion Air JT610, bahwa sang pilot melaporkan kesulitan dalam mengendalikan pesawat yang menukik beberapa kali.

4. Meminta izin untuk mendaratkan kembali pesawat

Pilot Lion Air JT610 dan Pilot Ethiopian ET302 sama-sama melaporkan kesulitan dalam mengendalikan pesawat kepada petugas menara ATC. Kemudian petugas menara ATC memberikan izin untuk kembali mendarat ke bandara. Tetapi sebelum berhasil mendarat, kedua pesawat tersebut sama-sama jatuh terlebih dahulu.

Meski memiliki beberapa kesamaan pola kecelakaan, tetapi untuk penyebab kecelakaan Ethiopian ET302 masih dalam proses penyelidikan karena masih mengumpulkan bukti-bukti. Selain itu, sebanyak 157 penumpang dan kru pesawat berada dalam ET302 menjadi korban, termasuk salah satunya warga Negara Indonesia yang diketahui merupakan seorang staf PBB di Roma.

(fnj)

  • HOT !
    Salah satu jalur favorit para pemudik setiap tahunnya di libur Lebaran adalah jalur Pantai Utara Jawa atau Jalur Pantura. Namun pada musim mudik tahun ini, para pemudik yang melintasi ruas jalur Pantura diminta ekstra waspada....
  • HOT !
    Sempat memilih untuk menutup mulut di kedatangannya ke Istana Kepresidenan Bogor untuk menemui Presiden Jokowi pada Rabu (22/5) pagi hari ini, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY akhirnya memberikan jawaban terkait alasan kedatangan dan hasil pertemuannya....
  • HOT !
    Prabowo Subianto telah memberikan pernyataan terkait pengumuman hasil rekapitulasi nasional Pemilu 2019 oleh KPU. Pihaknya menyatakan menolak hasil Pilpres 2019 dan beserta pasangannya, Sandiaga Uno, akan menempuh langkah hukum sesuai onstitusi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : rosadelita_ps
Cast : - Jung Ayana - Jung Yunho - Shim Changmin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)