home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kantong Plastik Belanjaan Sudah Tidak Gratis Per 1 Maret di Sejumlah Ritel Ini

Jumat, 01 Maret 2019 09:23 by muthiasp | 1506 hits
Kantong Plastik Belanjaan Sudah Tidak Gratis Per 1 Maret di Sejumlah Ritel Ini
Image source: huffingtonpost

DREAMERS.ID - Bagi kalian yang kurang gemar membawa tas sendiri saat berbelanja, kini sudah saatnya. Demi mengurangi sampah plastik, Asosiasi Pengusaha Ritel (Aprindo) menyatakan mulai 1 Maret 2019 diterapkan kebijakan kantong plastik berbayar di semua gerai anggotanya.

"Bersama seluruh anggota Aprindo kita siap kurangi sampah plastik. Ini program edukasi kepada konsumen untuk mereka ikut serta juga menyelamatkan lingkungan dengan pengurangan sampah plastik," ungkap Ketum Aprindo Roy Mandey, mengutip detik.

Kebijakan Kantong Plastik Tidak Gratis (KPTG) ini dilakukan demi menanggulangi jumlah sampah plastik yang terus meningkat setiap tahunnya. Sosialisasi sudah dilakukan melalui pengumuman poster, sosial media, dan ajakan langsung dari kasir saat bertransaksi dengan pelanggan.

Baca juga: Kenali Sisi Buruk Dari Tote Bag yang Menjadi Tren

Jika pelanggan masih ingin menggunakan kantong plastik maka diharuskan membayar 200 rupiah per kantongnya. Sebelumnya, Aprindo sempat melakukan uji coba kebijakan kantong plastik berbayar pada Februari 2016. Tindakan itu terbukti mengurangi tingkat penggunaan tas plastik dari 30% - 50%.

Ritel yang akan meneraokan kebijakan ini diantaranya adalah minimarket hingga ritel fesyen, seperti Superindo, Matahari, Circle-K, Sogo, Ramayana, Yogya, Alfamart, Alfamidi, dan lain-lain. Alternatif selain membayar plastik, pelanggan akan ditawarkan untuk membawa barang belanjaannya dengan kardus.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)