SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ada Segmen Khusus 'Debat Bebas', Begini Perbedaan Debat Capres Kedua 17 Februari Nanti

Kamis, 31 Januari 2019 18:00 by reinasoebisono | 757 hits
Ada Segmen Khusus 'Debat Bebas', Begini Perbedaan Debat Capres Kedua 17 Februari Nanti
Image source: Sindo News

DREAMERS.ID - Debat capres perdana beberapa waktu lalu sempat mendapat kritikan dari sejumlah termasuk dari publik yang sebagian besar mengatakan terlalu monoton atau tidak menarik. KPU pun berbenah diri dengan memberi beberapa perubahan dalam sistem dan pola debat kedua 17 Februari nanti.

Yang disoroti adalah kedua paslon diharapkan memiliki waktu debat secara langsung lebih banyak, tidak hanya menjawab pertanyaan atau menanggapi lawannya. Benar saja, debat kedua yang akan digelar Hotel Sultan itu akan menghadirkan segmen ‘Debat Bebas’.

Direncanakan akan ada di segmen 4, debat bebas itu pun akan memiliki alokasi waktu lebih panjang dan tidak dibatasi.

"Sudah disepakati, segmen 1, 2, 3 sama persis dengan debat pertama. Segmen 4 itu segmen yg akan berdebat bebas, tidak akan dibatasi 1 menit 2 menit," kata Ketua Arief Budiman di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (30/1).

Baca juga: Daftar Janji-Janji Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno di Debat Pilpres Ketiga yang Tak Boleh Dilupakan

Durasi total segmennya memang belum disepakati, namun alur debat telah ditentukan KPU bersama tim kampanye kedua paslon melalui rapt. Mekanismenya, moderator akan memberikan waktu yang cukup bagi kedua kandidat untuk masing-masing menyampaikan pendapat mereka.

"Misalnya ditentukan 15 menit, ya sudah nanti moderator mengatur supaya ada keberimbangan antara dua kandidat. Misalnya, sudah kelihatan 2 menit menjawab, dipersilakan yang lain komentari, 2 menit berganti lagi. Tapi kalau 1 menit sudah (cukup), langsung bisa pindah," kata Arief.

Melansir Kompas, pertanyaan kepada kedua kandidat tetap seputar debat kedua yaitu energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam dan lingkungan hidup dan tetap disusun oleh panelis. Dipastikan oleh Arief, segmentasi debat baru ini akan membuat debat pilpres semakin menarik.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Ibu Kota baru Negara Republik Indonesia yang baru nantinya dan selama ini menjadi misteri akhirnya terjawab dengan Presiden Jokowi mengumumkan lokasinya yang berada di Kalimantan Timur. Dikatakannya, lokasi tersebut telah dikaji dan dinilai paling ideal sebagai lokasi ibu kota baru....
  • HOT !
    Bukan hal asing para warga Korea Utara membelot atau kabur dari negaranya dan memasuki Korea Selatan. Mungkin banyak yang berpikir mereka melarikan diri karena tak tahan dengan peraturan negaranya, namun ternyata ada juga faktor lain....
  • HOT !
    Jumat dini hari tadi (23/8), Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta mengalami antrean panjang bagi penumpang yang hendak check in. Penyebabnya adalah adanya gangguan IT pada sistem check in....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)