SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ada Segmen Khusus 'Debat Bebas', Begini Perbedaan Debat Capres Kedua 17 Februari Nanti

Kamis, 31 Januari 2019 18:00 by reinasoebisono | 733 hits
Ada Segmen Khusus 'Debat Bebas', Begini Perbedaan Debat Capres Kedua 17 Februari Nanti
Image source: Sindo News

DREAMERS.ID - Debat capres perdana beberapa waktu lalu sempat mendapat kritikan dari sejumlah termasuk dari publik yang sebagian besar mengatakan terlalu monoton atau tidak menarik. KPU pun berbenah diri dengan memberi beberapa perubahan dalam sistem dan pola debat kedua 17 Februari nanti.

Yang disoroti adalah kedua paslon diharapkan memiliki waktu debat secara langsung lebih banyak, tidak hanya menjawab pertanyaan atau menanggapi lawannya. Benar saja, debat kedua yang akan digelar Hotel Sultan itu akan menghadirkan segmen ‘Debat Bebas’.

Direncanakan akan ada di segmen 4, debat bebas itu pun akan memiliki alokasi waktu lebih panjang dan tidak dibatasi.

"Sudah disepakati, segmen 1, 2, 3 sama persis dengan debat pertama. Segmen 4 itu segmen yg akan berdebat bebas, tidak akan dibatasi 1 menit 2 menit," kata Ketua Arief Budiman di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (30/1).

Baca juga: Daftar Janji-Janji Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno di Debat Pilpres Ketiga yang Tak Boleh Dilupakan

Durasi total segmennya memang belum disepakati, namun alur debat telah ditentukan KPU bersama tim kampanye kedua paslon melalui rapt. Mekanismenya, moderator akan memberikan waktu yang cukup bagi kedua kandidat untuk masing-masing menyampaikan pendapat mereka.

"Misalnya ditentukan 15 menit, ya sudah nanti moderator mengatur supaya ada keberimbangan antara dua kandidat. Misalnya, sudah kelihatan 2 menit menjawab, dipersilakan yang lain komentari, 2 menit berganti lagi. Tapi kalau 1 menit sudah (cukup), langsung bisa pindah," kata Arief.

Melansir Kompas, pertanyaan kepada kedua kandidat tetap seputar debat kedua yaitu energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam dan lingkungan hidup dan tetap disusun oleh panelis. Dipastikan oleh Arief, segmentasi debat baru ini akan membuat debat pilpres semakin menarik.

(rei)

  • HOT !
    Aksi pengeboman sadis yang terjadi di Sri Lanka menewaskan banyak orang, tak hanya warga lokal melainkan juga turis Asing. Baru baru ini dilaporkan ada tiga anak konglomerat asal Denmark yang juga tewas dalam insiden tersebut....
  • HOT !
    Siapapun bisa mencalonkan diri sebagai pemimpin, bahkan presiden negaranya. Hal unik terjadi di Ukraina, Volodymyr Zelenskiy merupakan seorang komedian berhasil memenangkan Pemilu pada putaran kedua melawan Calon Presiden petahanan Petro Poroshenko....
  • HOT !
    Maraknya hasil pemilu yang beredar pada berbagai survey quick count di media, serta klaim kemenangan yang dilayangkan kandidat capres dan cawapres dapat berpengaruh pada situasi kondusif dan kebenaran atau fakta hasil pemilu 2019....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ayurini59
Cast : Kang Minhyuk & Krystal Jung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)