SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ada Segmen Khusus 'Debat Bebas', Begini Perbedaan Debat Capres Kedua 17 Februari Nanti

Kamis, 31 Januari 2019 18:00 by reinasoebisono | 721 hits
Ada Segmen Khusus 'Debat Bebas', Begini Perbedaan Debat Capres Kedua 17 Februari Nanti
Image source: Sindo News

DREAMERS.ID - Debat capres perdana beberapa waktu lalu sempat mendapat kritikan dari sejumlah termasuk dari publik yang sebagian besar mengatakan terlalu monoton atau tidak menarik. KPU pun berbenah diri dengan memberi beberapa perubahan dalam sistem dan pola debat kedua 17 Februari nanti.

Yang disoroti adalah kedua paslon diharapkan memiliki waktu debat secara langsung lebih banyak, tidak hanya menjawab pertanyaan atau menanggapi lawannya. Benar saja, debat kedua yang akan digelar Hotel Sultan itu akan menghadirkan segmen ‘Debat Bebas’.

Direncanakan akan ada di segmen 4, debat bebas itu pun akan memiliki alokasi waktu lebih panjang dan tidak dibatasi.

"Sudah disepakati, segmen 1, 2, 3 sama persis dengan debat pertama. Segmen 4 itu segmen yg akan berdebat bebas, tidak akan dibatasi 1 menit 2 menit," kata Ketua Arief Budiman di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (30/1).

Baca juga: Pulpen Jokowi yang Diduga Jadi Alat Bantu Komunikasi Saat Debat Ternyata Cuma Rp 29 Ribu

Durasi total segmennya memang belum disepakati, namun alur debat telah ditentukan KPU bersama tim kampanye kedua paslon melalui rapt. Mekanismenya, moderator akan memberikan waktu yang cukup bagi kedua kandidat untuk masing-masing menyampaikan pendapat mereka.

"Misalnya ditentukan 15 menit, ya sudah nanti moderator mengatur supaya ada keberimbangan antara dua kandidat. Misalnya, sudah kelihatan 2 menit menjawab, dipersilakan yang lain komentari, 2 menit berganti lagi. Tapi kalau 1 menit sudah (cukup), langsung bisa pindah," kata Arief.

Melansir Kompas, pertanyaan kepada kedua kandidat tetap seputar debat kedua yaitu energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam dan lingkungan hidup dan tetap disusun oleh panelis. Dipastikan oleh Arief, segmentasi debat baru ini akan membuat debat pilpres semakin menarik.

(rei)

  • HOT !
    Akhir bulan ini tepatnya tanggal pada 27 28 Februari di Hanoi, Vietnam, akan kembali digelar pertemuan kedua antara Kim Jong Un dan Donald Trump. Presiden Korea Selatan, Moon Jae In mengatakan jika pertemuan itu bisa jadi titik balik bagi hubungan Semenanjung Korea....
  • HOT !
    Indonesia bersedia menjadi tuan rumah multi event terbesar di dunia, Olimpiade, pada tahun 2032 mendatang. Indonesia mencalonkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 karena kesuksesan yang diraih saat menjadi tuan rumah Asian Games 2018....
  • HOT !
    Sebuah buku tebal terlihat berada di atas meja Prabowo ketika menjalani debat capres putaran kedua di Hotel Sultan Jakarta pada Minggu (17/02/19) malam. Lalu buku seperti apa yang dibawa Prabowo itu?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)