SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Hanya Sri Mulyani, Menkeu Era SBY Ikut Komen Utang Negara Digoreng Jadi Isu Pilpres Cuma di Indonesia

Kamis, 31 Januari 2019 14:15 by reinasoebisono | 22408 hits
Tak Hanya Sri Mulyani, Menkeu Era SBY Ikut Komen Utang Negara Digoreng Jadi Isu Pilpres Cuma di Indonesia
Image source: CNN Indonesia

DREAMERS.ID - Topik utang negara Indonesia yang mencapai ribuan triliun disoroti sejumlah pihak dan makin memanas ketika memasuki masa tahun politik. Setelah Menteri Keuangan Sri Mulyani angkat bicara tentang hal ini, kini giliran menteri zaman Susilo Bambang Yudhoyono yang berkomentar.

Menurut Mantan Menkeu Chatib Basri, utang yang dilakukan sebuah negara adalah hal yang wajar. Ia menganalogikan perlunya utang di dunia usaha. Karena itu, utang juga diperlukan pemerintah sebagai kebijakan ekonomi.

"Sekarang kalau nggak mau utang Anda mau bikin usaha bagaimana caranya saya tanya?" kata Chatib melansir Detik. Chatib juga memberi contoh perlunya utang dalam kehidupan sehari-hari, yang terpenting adalah utang tersebut mampu dibayar dan dilunasi. "Selama kamu masih bisa bayar, oke kan," jelas Chatib.

Lebih lanjut, Chatib Basri juga menjelaskan jika utang Indonesia masih relatif baik dan terjaga karena melihat utang negara tak bisa secara nominal. Tapi harus dibandingkan dengan pendapatannya, di mana semakin kecil rasionya, resikonya juga akan semakin kecil.

Baca juga: Sri Mulyani Kembali Dinobatkan Sebagai Menteri Keuangan Terbaik Se-Asia Pasifik

"Anda punya utang Rp100 tetapi pendapatan Anda Rp1.000. Saya punya utang Rp50 tetapi pendapatan saya Rp100 lebih berbahaya mana", ujar Chatib via laman CNN. "Kalau Anda tidak berutang dari mana anda membuat usaha?,"

Chatib juga menyinggung jika isu tentang utang ini hanya ramai dibahas di Indonesia karena isu serupa tak ramai dibahas di negara lain. Jadi tak heran jika negara maju seperti Amerika dan Jepang berani memiliki nominal utang di atas PDB.

"Negara lain enggak, di sini saja (Indonesia)" tuturnya.

Isu utang negara ini makin jadi sorotan setelah capres nomor urut 02 Prabowo Subianto menyebut Menteri Keuangan lebih pantas disebut sebagai menteri pencetak utang. "Kalau menurut saya, jangan disebut lagi lah ada menteri keuangan. Mungkin menteri pencetak utang,"kata Prabowo, Sabtu (26/1) lalu.

(rei)

  • HOT !
    Aksi pengeboman sadis yang terjadi di Sri Lanka menewaskan banyak orang, tak hanya warga lokal melainkan juga turis Asing. Baru baru ini dilaporkan ada tiga anak konglomerat asal Denmark yang juga tewas dalam insiden tersebut....
  • HOT !
    Siapapun bisa mencalonkan diri sebagai pemimpin, bahkan presiden negaranya. Hal unik terjadi di Ukraina, Volodymyr Zelenskiy merupakan seorang komedian berhasil memenangkan Pemilu pada putaran kedua melawan Calon Presiden petahanan Petro Poroshenko....
  • HOT !
    Maraknya hasil pemilu yang beredar pada berbagai survey quick count di media, serta klaim kemenangan yang dilayangkan kandidat capres dan cawapres dapat berpengaruh pada situasi kondusif dan kebenaran atau fakta hasil pemilu 2019....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ayurini59
Cast : Kang Minhyuk & Krystal Jung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)