SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Perhatikan Daftar Rumah Sakit dan Klinik yang Sudah Tidak Lagi Layani BPJS Kesehatan

Selasa, 08 Januari 2019 15:01 by reinasoebisono | 964 hits
Perhatikan Daftar Rumah Sakit dan Klinik yang Sudah Tidak Lagi Layani BPJS Kesehatan
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Ada beberapa rumah sakit dan klinik yang ternyata tak lagi melayani pasien pemegang kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Disebutkan alasannya karena BPJS Kesehatan tak lagi memperpanjang kerja sama dengan institusi kesehatan yang bersangkuta.

Ada beberapa faktor yang jadi pemicu penghentian kerja sama ini, salah satunya adalah rumah sakit dan klinik yang belum memiliki sertifika akreditasi. Karena seperti yang diketahui, akreditasi adalah salah satu syarat agar institusi kesehatan dapat bekerja sama dengan BPJS.

Hal itu juga tertuang dalam Permenkes No 99 Tahun 2015 yang menegaskan seluruh mitra wajib terakreditasi sejak 1 Januari 2019. Smentara untuk pasien yang sudah biasa berobat ke rumah sakit tersebut, BPJS Kesehatan mengatakan jika pasien dapat pindah ke rumah sakit atau pun klinik lain yang telah mengantongi sertifikat akreditasi.

Baca juga: Deretan Kebijakan Baru BPJS Terkait Obat Jaminan Hingga Korban yang Tuai Kontroversi

"Apabila terjadi penolakan karena RS tersebut sudah tidak bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, peserta bisa kembali ke faskes (fasilitas kesehatan) 1 agar dibantu untuk diperbarui surat rujukannya," tulis akun BPJS Kesehatan di Facebook, Selasa (8/1).

Sementara itu via laman Kumparan, inilah sejumlah daftar rumah sakit dan klinik di seluruh Indonesia yang tak lagi menerima dan melayani pasien BPJS Kesehatan:

(rei)

  • HOT !
    Setelah uji coba MRT, kini ada perbincangan bahwa Moda Raya Terpadu (MRT) dan Light Rail Transit (LRT) akan gratis bagi warga Jakarta. Namun, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tarif 2 kendaraan umum tersebut tak mungkin gratis. Sebab menurutnya, Pemprov DKI Jakarta hanya memiliki dana terbatas dalam mengoperasikan MRT....
  • HOT !
    Berbagai hal menarik terjadi dalam debat cawapres malam tadi (17/3), di mana kedua calon wakil presiden 2019 saling beradu visi misi. Salah satu yang menarik untuk disorot adalah jumlah kata yang diucapkan oleh Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno....
  • HOT !
    Debat Pilpres Ketiga akhirnya berhasil digelar pada Minggu (17/03/19) di Hotel Sultan Senayan. Pada kesempatan itu Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno sebagai capres dihadapkan dengan pembahasan mengenai pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan dan sosial budaya. Selama debat yang berlangsung 2 jam itu, sejumlah janji dan pernyataan dilontarkan keduanya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)