home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kabar Terkini Gunung Anak Krakatau yang Meletus dan Muntahkan Abu Setinggi 2 Kilometer

Jumat, 04 Januari 2019 17:00 by reinasoebisono | 4026 hits
Kabar Terkini Gunung Anak Krakatau yang Meletus dan Muntahkan Abu Setinggi 2 Kilometer
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Puluhan kali ternyata Gunung Anak Krakatau pada hari Jumat (4/1) ini mengeluarkan material alias meletus dan erupsi. Kini diberitakan gunung yang diduga kuat menjadi penyebab tsunami di Banten-Lampung akhir Desember lalu itu kembali meletus.

Dengan tinggi kolom abu yang teramati kurang lebih 2.000 meter di atas puncak, via laman Merdeka, Gunung Anak Krakatau meletus pada pukul 14.21 WIB. Peringatan pun dikeluarkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitgasi Bencana Geologi (PVMBG).

Serta Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral yang dibagikan olej Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melalui pesan singkat, kolom abu mengarah ke utara dan timur laut.

Baca juga: Sempat Disebut Asteroid Lewati Bumi, Ternyata Pos Gunung Gede dan Salak Dengar Suara Keras

Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu denan intensitas tebal. Letusan terekam pada seismogram dengan amplitudo maksimum 14 milimeter dan durasi kurang lebih tiga menit tujuh detik. Dilaporkan pula status Gunung Anak Krakatau tetap Siaga atau Level III.

Rekomendasi pun dikeluarkan masyarakat dan wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah lingkar lime kilometer dari kawah. Sebelumnya, Gunung Anak Krakatau meletus pada pukul 12.03 WIB dengan tinggi letusan sekitar 1.600 meer.

Sepanjang Kamis kemarin pun, Gunung Anak Krakatau meletus hingga 37 kali dengan pola letusan yang hampir sama, yait melontarkan lava pijar, abu vulkanik dan pasir.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)