SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kabar Terkini Gunung Anak Krakatau yang Meletus dan Muntahkan Abu Setinggi 2 Kilometer

Jumat, 04 Januari 2019 17:00 by reinasoebisono | 3833 hits
Kabar Terkini Gunung Anak Krakatau yang Meletus dan Muntahkan Abu Setinggi 2 Kilometer
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Puluhan kali ternyata Gunung Anak Krakatau pada hari Jumat (4/1) ini mengeluarkan material alias meletus dan erupsi. Kini diberitakan gunung yang diduga kuat menjadi penyebab tsunami di Banten-Lampung akhir Desember lalu itu kembali meletus.

Dengan tinggi kolom abu yang teramati kurang lebih 2.000 meter di atas puncak, via laman Merdeka, Gunung Anak Krakatau meletus pada pukul 14.21 WIB. Peringatan pun dikeluarkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitgasi Bencana Geologi (PVMBG).

Serta Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral yang dibagikan olej Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melalui pesan singkat, kolom abu mengarah ke utara dan timur laut.

Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu denan intensitas tebal. Letusan terekam pada seismogram dengan amplitudo maksimum 14 milimeter dan durasi kurang lebih tiga menit tujuh detik. Dilaporkan pula status Gunung Anak Krakatau tetap Siaga atau Level III.

Rekomendasi pun dikeluarkan masyarakat dan wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah lingkar lime kilometer dari kawah. Sebelumnya, Gunung Anak Krakatau meletus pada pukul 12.03 WIB dengan tinggi letusan sekitar 1.600 meer.

Sepanjang Kamis kemarin pun, Gunung Anak Krakatau meletus hingga 37 kali dengan pola letusan yang hampir sama, yait melontarkan lava pijar, abu vulkanik dan pasir.

(rei)

  • HOT !
    Setelah uji coba MRT, kini ada perbincangan bahwa Moda Raya Terpadu (MRT) dan Light Rail Transit (LRT) akan gratis bagi warga Jakarta. Namun, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tarif 2 kendaraan umum tersebut tak mungkin gratis. Sebab menurutnya, Pemprov DKI Jakarta hanya memiliki dana terbatas dalam mengoperasikan MRT....
  • HOT !
    Berbagai hal menarik terjadi dalam debat cawapres malam tadi (17/3), di mana kedua calon wakil presiden 2019 saling beradu visi misi. Salah satu yang menarik untuk disorot adalah jumlah kata yang diucapkan oleh Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno....
  • HOT !
    Debat Pilpres Ketiga akhirnya berhasil digelar pada Minggu (17/03/19) di Hotel Sultan Senayan. Pada kesempatan itu Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno sebagai capres dihadapkan dengan pembahasan mengenai pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan dan sosial budaya. Selama debat yang berlangsung 2 jam itu, sejumlah janji dan pernyataan dilontarkan keduanya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)