SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kabar Terkini Gunung Anak Krakatau, Warga Dihimbau Tingkatkan Kewaspadaan

Jumat, 28 Desember 2018 14:31 by reinasoebisono | 5182 hits
Kabar Terkini Gunung Anak Krakatau, Warga Dihimbau Tingkatkan Kewaspadaan
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau memberikan kabar terbaru tentang kondisi gunung yang sejak kemarin dinaikkan statusnya menjadi level III atau Siaga. Laporan ini berdasarkan pengamatan stasiun pengawas di Pulau Sertung.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau Windi Cahya Untung menyampaikan jika ada awan panas yang mengarah ke Samudra Hindia. Begitu pula suara dentuman yang mengiringi aktivitas vulkanik sejak Jumat (28/12) dini hari.

"Asap kawah bertekanan kuat teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal dan tinggi 200-600 meter di atas puncak kawah. Teramati awan panas ke arah selatan," kata Windi.

Namun via laman CNN, Anak Krakatau tidak terlihat dari pos pengamatan karena tertutup awan. Memang saat ini cuaca di sekitar gunung tersebut terpantau berawan dan mendung. Meski begitu, aktivitas kegempaan tidak pernah berhenti.

Baca juga: Kabar Terkini Gunung Anak Krakatau yang Meletus dan Muntahkan Abu Setinggi 2 Kilometer

"Tremor menerus atau mikrotremor terekam dengan amplitudo 8-35 milimeter, dominan 20 milimeter," ucapnya. Warga dan wisatawan yang berada di kawasan Pantai Banten pun diminta tetap meningkatkan kewaspadaan.

"Masyarakat atau wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 5 kilometer dari kawah," ucap dia.

Beberapa negara hingga kini terpantau Amerika Serikat dan Kanada telah mengeluarkan peringatan perjalanan bagi warganya untuk tidak mendekati pantai di sekitar Selat Sunda karena berpotensi tsunami. Peringatan itu dikeluarkan 4 hari setelah tsunami menerjang pesisir pantai Serang, Banten dan Lampung hingga menewaskan lebih dari 400 orang dan melukai ribuan lainnya.

(rei)

  • HOT !
    Setelah uji coba MRT, kini ada perbincangan bahwa Moda Raya Terpadu (MRT) dan Light Rail Transit (LRT) akan gratis bagi warga Jakarta. Namun, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tarif 2 kendaraan umum tersebut tak mungkin gratis. Sebab menurutnya, Pemprov DKI Jakarta hanya memiliki dana terbatas dalam mengoperasikan MRT....
  • HOT !
    Berbagai hal menarik terjadi dalam debat cawapres malam tadi (17/3), di mana kedua calon wakil presiden 2019 saling beradu visi misi. Salah satu yang menarik untuk disorot adalah jumlah kata yang diucapkan oleh Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno....
  • HOT !
    Debat Pilpres Ketiga akhirnya berhasil digelar pada Minggu (17/03/19) di Hotel Sultan Senayan. Pada kesempatan itu Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno sebagai capres dihadapkan dengan pembahasan mengenai pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan dan sosial budaya. Selama debat yang berlangsung 2 jam itu, sejumlah janji dan pernyataan dilontarkan keduanya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)