SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gempa Tremor Terus Terjadi Buat Gunung Anak Krakatau Naikkan Status, Potensi Meletus?

Kamis, 27 Desember 2018 10:29 by reinasoebisono | 2717 hits
Gempa Tremor Terus Terjadi Buat Gunung Anak Krakatau Naikkan Status, Potensi Meletus?
Image source: CNN Indonesia

DREAMERS.ID - Gunung Anak Krakatau dilaporkan terus menerus mengalami gempa tremor alias gempa yang mengindikasikan aktivitas vulkanik di gunung api. Dan jika gempa tremor terjadi, indikasinya adalah gunung tersebut berpotensi meletus.

Melansir CNN, data dari Stasiun Sertung yang berada did ekat kawasan Gunung Anak Krakatau, Selat Sunda, gempa tremor terus terjadi dengan amplitudo 9-35 mm (dominan 25 mm). Gunung Anak Krakatau juga terpantau mengeluarkan asap hitam tebal dan awan panas ke kawasan sekitarnya.

Asap kawah teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal dan tinggi 200-500 meter di atas puncak kawah. Awan panas tersebut juga dilaporkan telah mencapai lautan di arah Selatan. Karena itu hari ini, Kamis (27/12), Kepala Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau, Windi Cahya Untung menyatakan status gunung itu naik menjadi level III atau siaga.

Baca juga: Kabar Terkini Gunung Anak Krakatau yang Meletus dan Muntahkan Abu Setinggi 2 Kilometer

Windi mengatakan aktivitas vulkanik Krakatau itu diwarnai dentuman-dentuman keras. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Gempa (PVMBG) menaikkan radius bahaya. "Masyarakat atau wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 5 kilometer dari kawah," tutur Windi.

Mendung dan hujan juga teramati di kawasan sekitar gunung di mana angin bertiup lemah hingga sedang ke arah utara dan timur laut. Suhu udara terpantau 24-26 derajat celsius dan kelembaban udara 91-96%.

Sebelumnya, Gunung Anak Krakatau masih menyandang status waspada atau level II sejak lama, yakni 26 Januari 2012. Namun karena kembali aktif mlakukan erupsi sejak pertengahan 2018 dan diduga menjadi penyebab tsunami yang melanda Banten dan Lampung.

(rei)

  • HOT !
    Rekonsiliasi atau pertemuan antara dua kandidat calon presiden di Pemilu 2019 lalu, yaitu Joko Widodo dan Prabowo Subianto diharapkan oleh banyak pihak. Namun ternyata ada indikasi sejumlah pihak yang tak ingin momen damai itu terjadi....
  • HOT !
    Leonardo DiCaprio pada pertengahan Maret lalu mengkritik sampah plastik yang dihasilkan Indonesia lewat unggahan Instagram. Unggahan itu kembali dibahas setelah Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) TPST Bantargebang pada Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto angkat bicara soal hal tersebut....
  • HOT !
    Presiden Joko Widodo yang berulang tahun 21 Juni kemarin mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang ramai memberi selamat padanya, bahkan hingga merajai Trending Topic Dunia di Twitter. Jokowi juga mengaku tak pernah merayakan hari ulang tahunnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ayurini59
Cast : Kang Minhyuk & Krystal Jung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)