home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tanpa Disadari Ada Kutu Tinggal di Bulu Mata, Simak Cara Menghilangkannya Sebelum Terlambat

Senin, 17 Desember 2018 12:51 by fzhchyn | 1744 hits
Tanpa Disadari Ada Kutu Tinggal di Bulu Mata, Simak Cara Menghilangkannya Sebelum Terlambat
Image source: instyle

DREAMERS.ID - Ada kehidupan yang tersimpan di wajah yang tak kita sadari. Khususnya di bulu-bulu mata yang tipis, tinggal kutu-kutu yang bisa jadi mengganggu kenyamanan mata kita. Menurut ahli bedah mata Howard R Krauss, kutu di bagian bulu mata sebenarnta sesuatu yang umum dan normal.

Kutu bulu mata alias Demodex folliculorum merupakan hewan berukuran kecil yang hidup di wajah. Dan biasanya tinggal dan bertelur di sekitar folikel bulu mata. "Mereka memakan lendir, sebum, dan minyak yang keluar dari pori-pori wajah, serta kelenjar di sekitar mata," jelas Krauss, melansir Women's Health Magazine.

Beberapa orang, kata Krauss, memiliki lebih banyak kutu bulu mata daripada yang lain. Wajah orang dengan kulit berminyak dan tak terbiasa menghapus serta membersihkan riasan sebelum tidur adalah 'sarang' terbaik bagi si kutu bulu mata. "Kutu bulu mata ini juga bisa berpindah ke bagian kulit jika mata mengalami iritasi," tambah Krauss.

Kondisi tertentu dapat membuat seseorang lebih rentan dihinggapi kutu bulu mata. Misalnya saja gangguan blepharitis atau radang kelopak mata yang menyebabkan mata berair, kemerahan, gatal-gatal, atau kekeringan. Wanita diprediksi memiliki lebih banyak kutu bulu mata dibandingkan pria karena alasan hormonal. Kutu bulu mata juga akan betah tinggal di wajah seseorang berusia lansia daripada yang muda.

Meski disebut normal, namun kehadiran kutu pada bulu mata juga tak dapat diabaikan. Lantas, bagaimana cara mencegahnya? Jika kamu mengalami radang kelopak mata, bisa menggunakan mengompres mata dengan air hangat selama beberapa menit. Suhu hangat akan lebih mudah untuk menghapus penumpukan kutu di sekitar mata. 

Selain itu, kompres dengan air hangat juga akan mengurangi sekresi pembawa bakteri yang menyebabkan pembengkakan dan iritasi kelopak mata. Semakin sedikit sekresi kelenjar, semakin sedikit pula kutu pada bulu mata.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)