SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Harga Tiket Samoa Air Ditentukan Berat Badan

Kamis, 04 April 2013 17:15 by miko | 1474 hits
Harga Tiket Samoa Air Ditentukan Berat Badan
thinkprogress.org

Samoa merupakan sebuah negeri di Kepulauan kecil di Pasifik Selatan, memiliki cara unik dalam menentukan harga tiket penerbangan Samoa Air. Pasalnya maskapai ini menghitung tarif tiket berdasarkan berat badan penumpangnya.

Tentunya, semakin gemuk seseorang, maka dia akan membayar tiket semakin mahal. Maskapai ini biasa melayani penerbangan diantara dua pulau utama, Upolu dan Savaii, menerapkan 0,5 poundsterling atau sekitar 7.500 per kilogram.

Tentu saja aturan unik ini menuai pro dan kontra. Sebagian orang menilai cara ini sangat diskriminatif untuk para penumpang bertubuh subur. Namun, Samoa Air mempertahankan kebijakan uniknya itu. Manajemen maskapai ini bahkan mengatakan, kebijakan ongkos sesuai berat badan ini menumbuhkan pemahaman akan bahaya obesitas dan kesehatan pada umumnya.

“Ini adalah cara paling adil untuk bepergian. Tak ada biaya tambahan untuk kelebihan bawaan atau sejenisnya. Pokoknya satu kilo adalah satu kilo,” ungkap Chris Langton, Direktur Eksekutif Samoa Air, kepada Radio ABC.

“Saat Anda memasuki Pasifik, standar berat badan pada umumnya lebih berat (dari Asia Tenggara). Namun, itu bisa bervariasi,” tutur Langton.

Langton mengakui banyak penumpang yang terkejut dengan kebijakan perusahaan ini, yang mulai diperkenalkan sejak Januari lalu. Untuk penumpang keluarga, mereka bahkan membayar sangat murah untuk anak-anak mereka karena ongkos penerbangan didasarkan berat badan.

“Perjalanan Anda menyenangkan karena Anda membayar untuk berat badan Anda, tak lebih dari itu," demikian promosi di situs Samoa Air.

Dengan skema ini, seorang penumpang dengan berat badan 63,5 kilogram yang terbang dari Asau di Pulau Savaii menuju Faleolo di Pulau Upolu hanya membayar ongkos sebesar 24,13 poundsterling atau sekitar Rp 354.000 untuk perjalanan sejauh 75 kilometer.

Adapun penerbangan lebih jauh dari Asau menuju Samoa Amerika dengan penumpang berberat badan 63,5 kg ditambah sejumlah barang hanya dihargai 69,85 poundsterling atau sekitar Rp 1 juta.

Komentar
  • HOT !
    Belum sampai 5 tahun, Gedung DPRD DKI memang sudah mengalami kerusakan beberapa kali. Baru baru ini, gedung senilai 500 miliar ini disebut sebut kembali mengalami kerusakan yang bisa membahayakan para pejalan kaki. Hingga sejak Rabu (13/12), akses pejalan kaki menuju gedung Balai Kota DKI Jakarta melalui DPRD DKI dialihkan....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Meski praperadilan gugur dan resmi jadi terdakwa, kubu Setya Novanto mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas surat dakwaan yang dibicarakan oleh Jaksa Penuntut Umum KPK. Kuasa Hukum Setnov beralasan ada sejumlah fakta yang tidak dimuat dalam surat dakwaan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)