home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

'Smart Toilet' Semacam Ini yang Akan Dipasang di Skybridge Tanah Abang

Jumat, 16 November 2018 16:17 by reinasoebisono | 2254 hits
'Smart Toilet' Semacam Ini yang Akan Dipasang di Skybridge Tanah Abang
Image source: Detik

DREAMERS.ID - PT KAI mengajukan permintaan pemasangan toilet di sekitar Skybridge atau Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) di Tanah Abang. Bukan toilet biasa, namun ada 4 smart toilet yang akan dipasang.

Selain smart toilet, penataan pembatas skybridge juga tengah dikerjakan. Pemasangan pembatas itu juga adalah bagian dari pengamanan skybridge, lansir laman Detik.

"Toilet minimal kita sediakan 4, minimal. Rencana kita mau pakai smart toilet yang dipakai TransJakarta. Jadi permintaan PT KAI bisa tetap kita penuhi," ujar Direktur Utama PD Sarana Jaya Yoory C Pinontoan, Jumat (16/11).

"Keamanan pembatas skybridge yang berhadapan langsung dengan stasiun, itu tinggi, itu dikhawatirkan ada orang iseng pada jalur stasiun kereta," katanya.


Smart toilet di TransJakarta (Tirto)

Baca juga: Siapa Sebenarnya yang Harus Tanggung Jawab Soal Pasar Tanah Abang Ramai Kala PSBB?

Sebelumnya, Senior Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta Edy Kuswoyo mengatakan harapannya agar Pemprov DKI memberi kepastian pembuatan fasilitas umum di skybridge Tanah Abang.

"Kita kemarin sudah bertemu dengan Ombudsman, Ombudsman juga sudah menanyakan kepada PT KAI. PT KAI juga kasih aspirasi perihal tersebut. Intinya, PT KAI mendukung penataan PKL di Jatibaru. Permohonan skybridge itu harus ada kejelasan juga tentunya misalnya seperti kesepakatan bersama dari desain, fasilitas umum, toilet, musala, keamanan, ya harus dibahas bersama," ujar Edy 

Smart toilet sebenarnya sudah digunakan di beberapa halte TransJakarta sejak tahun lalu. Smart yang dimaksud di sini adalah semua menggunakan kontrol otomatis dengan cara masuk menggunakan tapping yang sama dengan sistem tapping TransJakarta atau KRL.

Smart toilet ini juga memiliki indikator gerak untuk menunjukkan adanya orang di dalam atau tidak. Selain menggunakan fan otomatis, smart toilet juga menggunakan lampu dan pewangi ruangan yang otomatis.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)