home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alasan Inilah yang Buat CVR Lion Air Penting untuk Ditemukan

Rabu, 14 November 2018 11:22 by noudi0501 | 1081 hits
Alasan Inilah yang Buat CVR Lion Air Penting untuk Ditemukan
Image source: merdeka.com

DREAMERS.ID - Ketua Komite Nasional Keselamatan Nasional (KNKT) Soerjanto Tjahjono mengatakan pihaknya masih terus akan melakukan pencarian terhadap black box Cockpit Voice Recorder (CVR) milik Pesawat Lion Air PK-LQP dengan kode penerbangan JT610. Meskipun pihaknya terbentur dana untuk mencari kotak hitam itu.

"Kita mau nyari sampe ketemu. Jadi selama kita masih mampu karena pencarian itu kan membutuhkan dana. Kalau kita berusaha semaksimal mungkin menemukan black box itu karena CVR ini sangat kritikal dalam kecelakaan Lion JT610 ini," kata Soerjanto di Dermaga JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (9/11).

"Jadi kita butuh juga CVR ini apa sih yang dibicarakan antar kedua pilot tersebut, nanti akan berhubungan masalah training, human factor masalah argonomi dari pesawatnya apapun karena hal ini sangat berkaitan dengan masalah human factor," sambungnya.

Ia menjelaskan bahwa dalam mencari CVR milik Lion Air ini tidak mempunyai batas waktu sampai kapan pencarian tersebut akan dilakukan. Pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk menemukan CVR tersebut.

Baca juga: 4 Maskapai Besar Indonesia Turunkan Tarif Penerbangan

"Jadi kalau masih sebulan, dua bulan lagi ya kita akan berusaha sekuat tenaga dan semampu kita dananya yang ada nanti, pada satu saat kalau memang kita enggak mampu kita akan bicarakan dengan teman-teman, karena ini juga masalah Internasional ya. Nanti kita kan, Malaysia aja yang di sana kita cari, ini kan kita dekat-dekat sini enggak di cari. Ini juga kita tetap ingin mencari CVR itu," ungkapnya.

Ia menegaskan, jika besok Badan SAR Nasional tidak memperpanjang waktu pencarian terhadap korban. Pihaknya tetap akan terus melakukan pencarian hingga benar-benar CVR ditemukan dengan meminta bantuan dari tim penyelaman dari TNI, Basarnas dan lainnya.

”Iya masih terus (cari CVR). Kita juga selalu minta bantuan dari Basarnas, Bisa dari TNI, bisa dari swasta, bisa dari BPPT, dari semua pihak yang memiliki kompetensi untuk yang kita butuhkan selalu kita akan minta bantuan kepada mereka," katanya.

(nou)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)