home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ternyata Faktanya Suara Rintik Hujan Bisa Tenangkan Jiwa

Selasa, 13 November 2018 15:00 by noudi0501 | 1831 hits
Ternyata Faktanya Suara Rintik Hujan Bisa Tenangkan Jiwa
Image source: Kompas.com

DREAMERS.ID - Bulan November ini kita sudah disambut oleh musim hujan. Sebagian orang menganggap hujan bisa memberikan efek suasana yang lebih romantis ataupun puitis.

Tetapi, sebenarnya hujan bisa memberi efek menenangkan. Pada orang yang mengalami depresi ringan, mendengarkan rintik hujan yang turun bisa memberi rasa tenang.

"Hujan memiliki pola yang diprediksi. Otak kita akan memprosesnya sebagai suara yang tidak mengancam dan efeknya membuat tenang," kata Emily Mendez, psikolog yang banyak menangani kasus depresi ini.

Baca juga: Jakarta Puncaki Peringkat Polusi Udara Dunia Bahkan Ketika Diguyur Hujan Deras

Itu mungkin sebabnya banyak video atau rekaman untuk meditasi dan rileksasi menggunakan latar belakang suara hujan. Sebuah perusahaan juga mengeluarkan inovasi terapi tidur dengan rekaman suara bernada tinggi dan rendah yang mirip suara air turun.

Penelitian menunjukkan, suara seperti hujan itu bisa meningkatkan kualitas tidur dengan mengurangi kompleksitas gelombang otak.

Teori lain mengapa hujan bisa memberi emosi positif yang kuat adalah karena indera penciuman kita berinteraksi dengan memori. Mereka yang mencintai hujan biasanya memiliki perasaan yang positif dengan masa lalunya.

(nou)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)