SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sebagian Hasil Flight Data Recorder Lion Air JT 610 yang Telah Berhasil Didownload

Minggu, 04 November 2018 22:11 by reinasoebisono | 2440 hits
Sebagian Hasil Flight Data Recorder Lion Air JT 610 yang Telah Berhasil Didownload
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Bagian dari black box atau kotak hitam pesawat Lion Air yang jatuh di Tanjung Karawang, Jawa Barat yaitu FDR (Flight Data Recorder) temgah dikumpulkan data informasinya dengan bantuan dari pihak Australia.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi atau KNKT yang bertanggungjawab atas hal tersebut pun mengatakan sebagian informasinya telah berhasil didownload. 

FDR itu menyimpan total data 69 jam penerbangan. Sebagian hasilnya diungkap, yaitu soal rute penerbangan terakhir pesawat nahas itu melansir laman Detik pada Minggu (4/10).

"Kita peroleh data black box ada 69 jam, terdiri dari 19 penerbangan, termasuk penerbangan yang alami kecelakaan, kemudian jumlah parameternya kurang lebih 1.800. Hasil download bisa dilihat ini adalah rute penerbagan berdasarkan FDR," kata Ketua Sub Komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan KNKT Nurcahyo Utomo.

Data yang didownload memuat detail soal penerbangan Lion Air PK-LQP yang jatuh, mulai dari data parkir pesawat, take off, hingga arah penerbangan ke tenggara dan kemudian jatuh.

Baca juga: Pihak Boeing Disebut Tak Beri Semua Info Soal Fitur-fitur Pesawat Lion Air

"Rekaman akhir berakhir pada Pukul 23.31 jadi 23.31 tanggal 28 Oktober UTC time, atau 29 Oktober pada pukul 6.31.54 WIB. Jadi ini data yang kita dapat dari FDR," ujar Nurcahyo.

"Kita sedang pilah-pilah lagi parameter apa dari 1.800 yang kita butuhkan. Dari sini akan kita analisis apa yang terjadi dengan penerbangan itu," imbuhnya.

KNKT juga mengungkap jika rute penerbangan yang dirilis di media berdasarkan versi Flaightradar24 benar dan sesuai dengan data yang ada di dalam FDR. Namun KNKT berharap mendapat informasi kuat lain dari bagian black box lainnya yaitu CVR atau Cockpit Voice Recorder yang berisi rekaman percakapan kokpit.

“Investigasi pada prinsipnya memanfaatkan informasi yang ada, kita punya FDR dan pastikan datanya benar dan ini membantu untuk kita. Namun ada dua black box yang isinya berbeda, ada dua info yang berbeda, apabila dua-duanya ada amat sangat saling membantu dan mendukung, namun demikian kalau seandainya hanya ditemukan satu, maka kita akan berupaya maksimum akan apa yang kita punya," tutur Nurcahyo.

(rei)

  • HOT !
    Bandara Soekarno Hatta berhasil menduduki peringkat 10 dalam daftar Megahubs International Index 2018. Daftar ini disusun perusahaan riset penerbangan AOG, yang menganalisis 50 bandara di seluruh dunia....
  • HOT !
    Achmad Daniyal Alfatih, cucu dari Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto meninggal dunia pada Kamis (15/11) siang. Pria berusia 71 tahun itu pun menceritakan perihal penyebab kematian cucunya yang masih balita tersebut....
  • HOT !
    Isha Ambani, ialah putri dari konglomerat India, Mukesh Ambani, akan menikah dalam waktu dekat. Undangan pernikahan pun sudah disebar. Namun, bukan undangan biasa karena disebut sebut bernilai hingga Rp 60 jutaan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Song Hyesun (OC) , Jae Hyun NCT , Kai EXO.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)