SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Berhasil Diangkat Dari Laut, Mengapa Black Box Lion Air JT 610 Harus Selalu Terendam Air?

Kamis, 01 November 2018 12:30 by reinasoebisono | 3324 hits
Berhasil Diangkat Dari Laut, Mengapa Black Box Lion Air JT 610 Harus Selalu Terendam Air?
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Kotak hitam atau black box pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Tanjung Karawang berhasil diangkat dari laut pada Kamis (1/11) siang hari ini. kotak hitam sudah dibawa oleh Kapal Riset Baruna Jaya I milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). 

Kotak hitam ditemukan sekitar pukul 10.00 WIB oleh Sertu Marinir Hendra Saputra, anggota tim penyelam TNI AL, di kedalaman sekitar 30 meter melansir Kompas.

Dan ternyata, black box yang berisi data rekaman penerbangan itu harus selalu terendam air, menurut laman Detik. Kotak hitam itu dikatakan tidak boleh dalam keadaan kering, kenapa?

Baca juga: Pihak Boeing Disebut Tak Beri Semua Info Soal Fitur-fitur Pesawat Lion Air

"Iya harus selalu di dalam air. Begitu sampai di kapal, dicuci, direndam air tawar, dibawa ke lab dalam kondisi terendam terus," kata Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Soerjanto Tjahjono.

"Biar tidak terjadi pengeringan yang tidak kita inginkan. Kalau ada pengeringan yang tidak terkontrol, mungkin bisa merusak memorinya," ucapnya. "Nanti di laboratorium ada cara untuk mengeringkannya,”

(rei)

  • HOT !
    Lindu atau gempa berkekuatan di atas 6 Skala Richter umumnya mengakibatkan kerusakan bahkan tsunami di Indonesia. Namun ada fenomena tak biasa yang mengguncang lepas pantai Fiji pada Senin (19/11) hari ini waktu setempat....
  • HOT !
    Warga kampung Narogong, tepatnya di RT 10/03 Desa Kembang Kuning, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor pada hari Minggu (18/11) kemarin dihebohkan dengan temuan mayat dalam sebuah drum....
  • HOT !
    Penting namun kerap disepelekan dan sebenarnya adalah pelanggaran, bermain gadget seperti handphone dan sejenisnya ketika berkendara dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Tak lain alasannya karena dapat memecah konsentrasi, dan hal ini dianggap lumrah di Indonesia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Song Hyesun (OC) , Jae Hyun NCT , Kai EXO.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)