SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hal yang Sebaiknya Dipikirkan Sebelum Menyebarkan Foto atau Video Korban Kecelakaan Pesawat di Medsos

Selasa, 30 Oktober 2018 12:13 by reinasoebisono | 2443 hits
Hal yang Sebaiknya Dipikirkan Sebelum Menyebarkan Foto atau Video Korban Kecelakaan Pesawat di Medsos
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 dengan tujuan Pangkal Pinang, Bangka Belitung di perairan Tanjung Karawang masih jadi sorotan masyarakat. Dengan adanya media sosial memang mempercepat penyebarab informasi.

Namun juga belum tentu informasi yang disebar itu kredibel dan benar seutuhnya. Yang ada justru membuat resah dan khawatir masyarakat. Atau ada pula informasi yang benar namun membuat sebagian orang yang berduka semakin bersedih.

Contohnya adalah foto-foto dan video yang memperlihatkan korban-korban jatuhnya pesawat nahas itu. Menurut Psikolog Ike R Sugianto, ada sejumlah alasan sebaiknya kita tidak gegabah melakukan hal tersebut. 

“Pertama, kita harus menghormati semua orang, termasuk menghormati korban pesawat Lion Air yang jatuh itu," kata Ike mengutip Liputan6.

Baca juga: Temuan Data dari Black Box Ethiopian Airlines Perjelas Kecelakaan Persis Seperti Lion Air JT-610

Cara menghormatinya adalah dengan membiarkan keluarga korban mengenang sanak saudaranya yang berpulang dengan menjaga memori indah ketimbang dokumentasi amatir dengan kondisi tak layak.

Karena biasanya, kondisi korban kecelakaan, terutama dalam kasus jatuhnya pesawat seperti Lion Air JT 610 ini, kondisi korban yang ditemukan dalam kondisi mengenaskan atau tidak utuh. Hal ini mampu menimbulkan efek traumatis bagi yang melihatnya.

“Apalagi kalau yang melihat itu adalah anak kecil," kata Ika menekankan.

Lagipula coba dipikirkan lagi, apa manfaat menyebarkan foto-foto korban di media sosial? Apa hal tersebut justru menimbulkan ketakutan bagi orang banyak? Jika tujuannya untuk memberitahu, ada cara lain yang lebih baik, bahkan media pun tidak dengan gamblang menperlihatkan korban atau harus diburamkan.

(rei)

  • HOT !
    Negara negara maju biasanya memiliki biaya hidup yang tinggi, dan baru baru ini survei tahunan yang dibuat oleh Economist Intelligence Unit. Pertama kalinya dalam tiga dekade terakhir, tiga kota menempati urutan teratas daftar kota termahal....
  • HOT !
    Sebelum menjadi pengusaha ternama hingga mencalonkan diri sebagai wakil presiden pada pilpres 2019, Sandiaga Uno hanya seorang laki laki biasa dan seorang suami dari keluarga kecil dan sederhana. Ia bahkan mengaku sempat menjadi pengangguran....
  • HOT !
    Penampilan Ma’ruf Amin di debat Pilpres ketiga menyisakan beragam pendapat. Digelar pada Minggu (17/03/19) malam di Hotel Sultan Senayan, tercatat Ma’ruf Amin melontarkan beberapa istilah istilah yang menarik....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)