SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

KPK Sampai Geledah Rumah Bos Lippo Group James Riady Terkait Kasus Suap Meikarta

Kamis, 18 Oktober 2018 11:41 by reinasoebisono | 2582 hits
KPK Sampai Geledah Rumah Bos Lippo Group James Riady Terkait Kasus Suap Meikarta
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Kasus suap yang menetapkan Bupati Bekasi Neneng Hasanah sebagai tersangka berlanjut penyelidikannya. Kali ini melebar ke penggeledahan hingga total 10 lokasi di mana salah satunya adalah rumah bos alias petinggi atau CEO Lippo Group, James Riady. 

Rumah taipan tersebut digeledah Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK dalam kasus suap perizinan pembangunan proyek Meikarta di Cikarang, Jawa Barat. Menurut keterangan juru bicara KPK Febri Diansyah, penggeledahan di rumah James Riady berlangsung pada pagi tadi (18/10).

"Penyidik melanjutkan kegiatan ke lima tempat lain hingga pagi ini, yaitu rumah James Riady, Apartemen Trivium Terrace, Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas Pemadam Kebakaran," kata Febri dalam keterangan tertulisnya, Kamis. 

Febri menuturkan, sejauh ini KPK menyita dokumen-dokumen terkait perizinan oleh Lippo Group ke Pemerintah Kabupaten Bekasi, catatan keuangan, hingga barang bukti elektronik.

Baca juga: Terkuak! Puluhan 'Kode' yang Digunakan Dalam Kasus Suap Proyek Meikarta

"Total lokasi penggeledahan sejak kemarin siang hingga pagi ini di 10 lokasi di Tangerang dan Bekasi," papar Febri.

Tak hanya Bupati Bekasi, namun KPK turut menyeret 3 kepala dinas lainnya sebagai tersangka. Mereka adalah Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Bekasi Jamaluddin dan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Sahat MBJ Nahor. Kemudian, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Bekasi Dewi Tisnawati. 

Melansir Kompas, Neneng dan para kepala dinas diduga menerima suap 13 miliar untuk memuluskan izin pembangunan proyek yang sempat viral beberapa waktu lalu karena promosinya itu, Meikarta. Namun KPK menjelaskan hingga kini baru ada penyerahan sebesar 7 miliar. 

(rei)

  • HOT !
    Negara negara maju biasanya memiliki biaya hidup yang tinggi, dan baru baru ini survei tahunan yang dibuat oleh Economist Intelligence Unit. Pertama kalinya dalam tiga dekade terakhir, tiga kota menempati urutan teratas daftar kota termahal....
  • HOT !
    Sebelum menjadi pengusaha ternama hingga mencalonkan diri sebagai wakil presiden pada pilpres 2019, Sandiaga Uno hanya seorang laki laki biasa dan seorang suami dari keluarga kecil dan sederhana. Ia bahkan mengaku sempat menjadi pengangguran....
  • HOT !
    Penampilan Ma’ruf Amin di debat Pilpres ketiga menyisakan beragam pendapat. Digelar pada Minggu (17/03/19) malam di Hotel Sultan Senayan, tercatat Ma’ruf Amin melontarkan beberapa istilah istilah yang menarik....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)