SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gunung Soputan di Sulawesi Utara Meletus, Seberapa Jauh dengan Jarak dari Palu?

Rabu, 03 Oktober 2018 13:39 by reinasoebisono | 1382 hits
Gunung Soputan di Sulawesi Utara Meletus, Seberapa Jauh dengan Jarak dari Palu?
Image source: BBC

DREAMERS.ID - Di saat Palu dan Donggala tengah melakukan evakuasi dan normalisasi pascagempa dan tsunami yang telah menewaskan ribuan orang, bencana alam juga terjadi di wilayah Pulau Sulawesi.

Tepatnya di Sulawesi Utara, Gunung Soputan meletus pada Rabu (3/10) pukul 08.47 WITA, terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 39 mm dan durasi sekitar 6 menit.

Letusan tersebut terjadi di Kabupaten Minahasa Tenggara Provinsi Sulawesi Utara, melansir BBC. Kolom abu bertekanan kuat teramati berwarna kelabu dan coklat intensitas tebal condong ke arah barat dan barat laut.

PVMBG melaporkan tinggi kolom abu vulkanik teramati sekitar 4.000 meter di atas puncak kawah atau 5.809 m di atas permukaan laut. Hujan abu pun diperkirakan akan jatuh di bagian barat-barat laut Gunung Soputan, namun tidak akan mengganggu penerbangan.

Sejauh ini Bandara Internasional Sam Ratulangi di Kota Manado yang berada di Tenggara Gunung Soputan, tetap beroperasi normal. Dari gambar yang terlihat, Gunung Soputan sendiri berjarak sekitar 590 km dari Palu.

Sutopo Purwo Nugroho, juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut, sudah membagikan masker, namun masyarakat belum perlu mengungsi karena masih aman.

Warga tetap dianjurkan tidak melakukan aktivitas dalam radius 4 km yang memang dilaporkan tidak ada pemukiman dalam radius tersebut

(rei)

  • HOT !
    Lindu atau gempa berkekuatan di atas 6 Skala Richter umumnya mengakibatkan kerusakan bahkan tsunami di Indonesia. Namun ada fenomena tak biasa yang mengguncang lepas pantai Fiji pada Senin (19/11) hari ini waktu setempat....
  • HOT !
    Warga kampung Narogong, tepatnya di RT 10/03 Desa Kembang Kuning, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor pada hari Minggu (18/11) kemarin dihebohkan dengan temuan mayat dalam sebuah drum....
  • HOT !
    Penting namun kerap disepelekan dan sebenarnya adalah pelanggaran, bermain gadget seperti handphone dan sejenisnya ketika berkendara dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Tak lain alasannya karena dapat memecah konsentrasi, dan hal ini dianggap lumrah di Indonesia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Song Hyesun (OC) , Jae Hyun NCT , Kai EXO.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)