home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ridwan Kamil Buat Batik Bernama 'Garuda Kujang Kencana'

Rabu, 03 Oktober 2018 09:23 by noudi0501 | 1783 hits
Ridwan Kamil Buat Batik Bernama 'Garuda Kujang Kencana'
Image source: wolipop.detik.com

DREAMERS.ID - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memamerkan karyanya mendesain motif batik di Hari Batik Nasional. Seperti apa motif batik buatan sang gubernur? Dan apa filosofinya?

Melalui akun Instagram, Ridwan Kamil memperlihatkan batik yang motifnya dia buat sendiri dan diberi nama Garuda Kujang Kencana. Gubernur yang akrab disapa Emil itu mengungkapkan pada keterangan foto bahwa motif batik tersebut dibuatnya berkolaborasi dengan brand batik asal Bandung, Rumah Batik Komar.

"Mari warga Jawa Barat dan netizen yang cinta budaya Indonesia, untuk memakai batik besok seharian. Di foto adalah batik karya desain saya yang berjudul "Garuda Kujang Kencana," tulisnya.

Baca juga: Puan Maharani Tegaskan AHY & Ridwan Kamil Tak Akan Mungkin Jadi Cawapres Ganjar

Emil membuat desain motif batik Garuda Kujang Kencana itu pada 2017. Dia mengaku hanya iseng mencoba membuat motif batik karena dalam kesehariannya sering memakai baju batik, terutama untuk acara formal.

Motif batik karya mantan walikota Bandung ini terlihat terbagi dua. Pada sebelah kanan adalah gambar burung Garuda dan sebelah kiri gambar senjata khas Jawa Barat, Kujang dan inisial namanya RK. Emil juga membuat bulatan-bulatan kecil yang mengeliling kedua gambar tersebut. Jumlah bulatan pada motif batik karya sang gubernur ini berbeda-beda. 

"Temanya batik pribadi dengan diagonal mandala wibawa religius sundawi nasionalis. 6 titik rukun iman. 5 titik rukun islam. 2 titik artinya tidak jomblo lagi," ungkapnya.

Emil mencetak motif batiknya itu ke dalam kemeja dengan warna yang berbeda-beda. Dua warna yang sudah terlihat dipakainya adalah kemeja batik berwarna biru dan merah.

Rumah Batik Komar yang digandeng Emil untuk mendesain batik dikenal sebagai brand batik khas Pasundan. Brand tersebut didrikan oleh Dr. H. Komarudin Kudiya S.Ip., M.Ds. yang sudah membawa karya batiknya ke berbagai belahan dunia.

(nou)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)