SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ridwan Kamil Buat Batik Bernama 'Garuda Kujang Kencana'

Rabu, 03 Oktober 2018 09:23 by noudi0501 | 1487 hits
Ridwan Kamil Buat Batik Bernama 'Garuda Kujang Kencana'
Image source: wolipop.detik.com

DREAMERS.ID - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memamerkan karyanya mendesain motif batik di Hari Batik Nasional. Seperti apa motif batik buatan sang gubernur? Dan apa filosofinya?

Melalui akun Instagram, Ridwan Kamil memperlihatkan batik yang motifnya dia buat sendiri dan diberi nama Garuda Kujang Kencana. Gubernur yang akrab disapa Emil itu mengungkapkan pada keterangan foto bahwa motif batik tersebut dibuatnya berkolaborasi dengan brand batik asal Bandung, Rumah Batik Komar.

"Mari warga Jawa Barat dan netizen yang cinta budaya Indonesia, untuk memakai batik besok seharian. Di foto adalah batik karya desain saya yang berjudul "Garuda Kujang Kencana," tulisnya.

Emil membuat desain motif batik Garuda Kujang Kencana itu pada 2017. Dia mengaku hanya iseng mencoba membuat motif batik karena dalam kesehariannya sering memakai baju batik, terutama untuk acara formal.

Motif batik karya mantan walikota Bandung ini terlihat terbagi dua. Pada sebelah kanan adalah gambar burung Garuda dan sebelah kiri gambar senjata khas Jawa Barat, Kujang dan inisial namanya RK. Emil juga membuat bulatan-bulatan kecil yang mengeliling kedua gambar tersebut. Jumlah bulatan pada motif batik karya sang gubernur ini berbeda-beda. 

"Temanya batik pribadi dengan diagonal mandala wibawa religius sundawi nasionalis. 6 titik rukun iman. 5 titik rukun islam. 2 titik artinya tidak jomblo lagi," ungkapnya.

Emil mencetak motif batiknya itu ke dalam kemeja dengan warna yang berbeda-beda. Dua warna yang sudah terlihat dipakainya adalah kemeja batik berwarna biru dan merah.

Rumah Batik Komar yang digandeng Emil untuk mendesain batik dikenal sebagai brand batik khas Pasundan. Brand tersebut didrikan oleh Dr. H. Komarudin Kudiya S.Ip., M.Ds. yang sudah membawa karya batiknya ke berbagai belahan dunia.

(nou)

  • HOT !
    Lindu atau gempa berkekuatan di atas 6 Skala Richter umumnya mengakibatkan kerusakan bahkan tsunami di Indonesia. Namun ada fenomena tak biasa yang mengguncang lepas pantai Fiji pada Senin (19/11) hari ini waktu setempat....
  • HOT !
    Warga kampung Narogong, tepatnya di RT 10/03 Desa Kembang Kuning, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor pada hari Minggu (18/11) kemarin dihebohkan dengan temuan mayat dalam sebuah drum....
  • HOT !
    Penting namun kerap disepelekan dan sebenarnya adalah pelanggaran, bermain gadget seperti handphone dan sejenisnya ketika berkendara dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Tak lain alasannya karena dapat memecah konsentrasi, dan hal ini dianggap lumrah di Indonesia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Song Hyesun (OC) , Jae Hyun NCT , Kai EXO.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)