SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ridwan Kamil Buat Batik Bernama 'Garuda Kujang Kencana'

Rabu, 03 Oktober 2018 09:23 by noudi0501 | 1519 hits
Ridwan Kamil Buat Batik Bernama 'Garuda Kujang Kencana'
Image source: wolipop.detik.com

DREAMERS.ID - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memamerkan karyanya mendesain motif batik di Hari Batik Nasional. Seperti apa motif batik buatan sang gubernur? Dan apa filosofinya?

Melalui akun Instagram, Ridwan Kamil memperlihatkan batik yang motifnya dia buat sendiri dan diberi nama Garuda Kujang Kencana. Gubernur yang akrab disapa Emil itu mengungkapkan pada keterangan foto bahwa motif batik tersebut dibuatnya berkolaborasi dengan brand batik asal Bandung, Rumah Batik Komar.

"Mari warga Jawa Barat dan netizen yang cinta budaya Indonesia, untuk memakai batik besok seharian. Di foto adalah batik karya desain saya yang berjudul "Garuda Kujang Kencana," tulisnya.

Baca juga: Ridwan Kamil Bersedia untuk Kembali Muncul di Film 'Dilan 1991', Apa Alasannya?

Emil membuat desain motif batik Garuda Kujang Kencana itu pada 2017. Dia mengaku hanya iseng mencoba membuat motif batik karena dalam kesehariannya sering memakai baju batik, terutama untuk acara formal.

Motif batik karya mantan walikota Bandung ini terlihat terbagi dua. Pada sebelah kanan adalah gambar burung Garuda dan sebelah kiri gambar senjata khas Jawa Barat, Kujang dan inisial namanya RK. Emil juga membuat bulatan-bulatan kecil yang mengeliling kedua gambar tersebut. Jumlah bulatan pada motif batik karya sang gubernur ini berbeda-beda. 

"Temanya batik pribadi dengan diagonal mandala wibawa religius sundawi nasionalis. 6 titik rukun iman. 5 titik rukun islam. 2 titik artinya tidak jomblo lagi," ungkapnya.

Emil mencetak motif batiknya itu ke dalam kemeja dengan warna yang berbeda-beda. Dua warna yang sudah terlihat dipakainya adalah kemeja batik berwarna biru dan merah.

Rumah Batik Komar yang digandeng Emil untuk mendesain batik dikenal sebagai brand batik khas Pasundan. Brand tersebut didrikan oleh Dr. H. Komarudin Kudiya S.Ip., M.Ds. yang sudah membawa karya batiknya ke berbagai belahan dunia.

(nou)

  • HOT !
    Negara negara maju biasanya memiliki biaya hidup yang tinggi, dan baru baru ini survei tahunan yang dibuat oleh Economist Intelligence Unit. Pertama kalinya dalam tiga dekade terakhir, tiga kota menempati urutan teratas daftar kota termahal....
  • HOT !
    Sebelum menjadi pengusaha ternama hingga mencalonkan diri sebagai wakil presiden pada pilpres 2019, Sandiaga Uno hanya seorang laki laki biasa dan seorang suami dari keluarga kecil dan sederhana. Ia bahkan mengaku sempat menjadi pengangguran....
  • HOT !
    Penampilan Ma’ruf Amin di debat Pilpres ketiga menyisakan beragam pendapat. Digelar pada Minggu (17/03/19) malam di Hotel Sultan Senayan, tercatat Ma’ruf Amin melontarkan beberapa istilah istilah yang menarik....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)