home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sebenarnya Ada Lho Waktu Terbaik dan Terburuk untuk Makan Buah

Kamis, 16 Agustus 2018 17:32 by noudi0501 | 2233 hits
Sebenarnya Ada Lho Waktu Terbaik dan Terburuk untuk Makan Buah
image source: Pinterest

DREAMERS.ID - Tubuh kita membutuhkan buah sebagai sumber vitamin, mineral, antioksidan dan juga serat. Pada dasarnya buah bisa dikonsumsi kapan saja, namun ada beberapa pakar yang menyebut bahwa memilih waktu yang tepat untuk makan buah bisa memaksimalkan manfaatnya.

Waktu Terbaik:

Pagi Hari
Makan buah di pagi hari dan konsumsi segelas air ketika perut masih kosong dianggap sebagai waktu terbaik mengkonsumsi buah. Sebab, ketika makan buah dengan perut kosong, sistem pencernaan akan mampu memproses buah dengan baik dan tubuh mampu secara maksimal menyerap nutrisi yang terkandung. Beberapa buah baik dimakan sebelum sarapan, di antaranya nanas, melon, pisang, anggur, berry, pir, mangga, pepaya, dan apel.

Di Antara Dua Waktu Makan
Konsumsi buah di antara dua waktu makan adalah kebiasaan yang baik karena pada waktu tersebut sistem pencernaan bekerja dengan cepat dan mengeluarkan beberapa enzim berbeda. Jadi, pada waktu tersebut buah akan lebih mudah dicerna sehingga nutrisi, gula sederhana dan serat yang ada dalam buah akan lebih mudah diserap tubuh.

Sebelum dan Setelah Berolahraga
Ketika kita mengkonsumsi buah sebelum berolahraga, maka tubuh akan mendapatkan energi lebih untuk berolahraga. Hal sama juga bisa kita lakukan setelah berolahraga, ketika tubuh kehilangan banyak energi dan kelelahan. Buah terbaik untuk dikonsumsi pada waktu tersebut adalah buah tinggi serat dan mengandung gula alami. Seperti pisang, mangga, anggur, cutrus, nanas, pome, dan pir.

Sebelum Makan Malam
Konsumsi buah sebelum makan malam lebih baik daripada mengkonsumsinya sebelum tidur. Sebab, buah mengandung sedikit kalori dan kaya serat. Hal itu akan menekan rasa lapar kita pada waktu makan malam. Beberapa buah yang cocok untuk dikonsumsi sebelum makan malam antara lain nanas dan apel.

Baca juga: Semangka Ternyata Bukan Buah, Simak Fakta Unik Tentang Sayur dan Buah yang Belum Kamu Tahu

 

Waktu Terburuk:

Sesaat Sebelum dan Sesudah Makan
Banyak orang makan buah sesaat sebelum dan sesudah makan. Kebiasaan ini sebenarnya kurang tepat karena makanan tidak akan membantu tubuh mencerna buah dengan baik sehingga nutrisi buah tidak bisa diserap dengan maksimal. Bagi pasien diabetes, kasusnya berbeda. Mereka harus memberi jarak satu jam sebelum makan atau dua jam setelah makan untuk mengkonsumsi buah.

Sebelum Tidur
Penelitian menyebutkan, makan buah sebelum tidur adalah waktu terburuk. Sebab, buah akan meningkatkan insulin dan level gula darah yang bisa mengganggu tidur di malam hari. Sehingga tubuh akan terhalang untuk beristirahat.

Dikonsumsi Bersama Makanan
Jika kita mengkonsumsi buah bersama dengan makanan lainnya, buah akan mengendap di tubuh lebih lama dan mulai berfermentasi di dalam tubuh. Hal ini berpotensi menyebabkan masalah pencernaan.

(nou)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)