home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Di Balik Himbauan Jemaah Haji Lebih Baik Tidak Memakai Sandal Jepit

Jumat, 27 Juli 2018 14:07 by dian97 | 3418 hits
Di Balik Himbauan Jemaah Haji Lebih Baik Tidak Memakai Sandal Jepit
Image source : Islam Today

DREAMERS.ID - Saat ini suhu udara di Arab Saudi mencapai 44 derajat Celcius. Kabarnya suhu udara tersebut akan terjadi beberapa bulan ke depan. Para Jemaah haji pun di himbau untuk mengenakan alas kaki untuk melindungi kaki agar tidak melupuh.

Tidak sembarang alas kaki bisa digunakan untuk melindungi telapak kaki, terdapat standar khusus untuk dapat dijadikan sebagai alas kaki agar tidak melepuh. Kepala kesehatan haji Eka Yusuf mengatakan bila sandal yang disediakan untuk Jemaah haji bukanlah sandal jepit bisa tetapi sudah sesuai dengan rekomendasi medis.

"Sandal yang disediakan sesuai dengan rekomendasi medis, dan bukan sendal jepit," kata Eka Yusuf, kepala kesehatan haji dikutip dari CNNIndonesia,Rabu (25/7). 


Image source : CNN Indonesia

Baca juga: Potret Ibadah Haji di Tengah Pandemi dengan Penerapan Jarak Sosial

Sandal ini terbuat dari plastic, tetapi tidak licin, dan bentuknya pun selop. Model sandal jepit tidak direkomendasikan. Karena secara anatomis, sela-sela jari kaki memiliki lapisan kulit yang tipis. Sedangkan iklim di Arab Saudi panas dan akan membuat kulit mudah kering sehingga penggunaan sandal jepit berisiko menimbulkan iritasi atau luka pada kaki jamaah haji sehingga sulit untuk berjalan.

Eka mengatakan jika sandal tersebut merupakan salah satu alat pelindung diri (APD) yang disiapakan oleh Kemenkes. Selain itu telah disiapkan juga APD lainnya seperti payung, kacamata, masker, dan semprotan air.

Koordinator Tim Promotif Preventif Dian Shinta berkata penggunaan sandal jepit biasa dapat menyebabkan kaki lecet. Sela-sela kaki mudah terluka akibat gesekan, sangat beresiko bagi Jemaah haji yang memiliki riwayat penyakit diabetes atau kencing manis.

"Terutama bagi jemaah yang memiliki riwayat penyakit diabetes atau kencing manis sama sekali tidak diperkenankan menggunakan sendal jepit," kata Dian. 

Ia juga menghimbau kepada jemaah haji agar membawa sendiri sandalnya dan tidak dititipkan ke jemaah lain. Kemenkes menyediakan sebanyak 204ribu kantong plastik dan dibagikan bersama kacamata hitam dan payung. Kantong digunakan untuk membawa sandal saat masuk masjid.

(fdc)

Komentar
  • HOT !
    Gilang, fetish kain jarik akhirnya berhasil ditangkap pihak kepolisian. Gilang ditangkap saat berada di kampung halamannya, Kapuas, Kalimantan Tengah pada Kamis (6/8/2020)....
  • HOT !
    Presiden Amerika Serikat Donald Trump adalah satu dari para tokoh yang masih meremehkan bahaya dari COVID 19. Bahkan hal itu diucapkannya dalam sesi wawancara bersama dengan Fox News beberapa waktu lalu....
  • HOT !
    Beberapa wilayah di Korea Selatan, termasuk ibukota Seoul, diguyur hujan lebat sejak akhir pekan kemarin. Hal itu membuat air sungai Han meluap dan membuat sejumlah wilayah mengalami banjir bandang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)