SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Akhirnya Film Korea Utara Diizinkan Tayang di Korea Selatan!

Rabu, 11 Juli 2018 18:22 by sherleyyy | 872 hits
Akhirnya Film Korea Utara Diizinkan Tayang di Korea Selatan!
chicago.suntimes.com

DREAMERS.ID - Pertemuan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae In pada 27 April lalu di Panmunjon nampaknya menjadi harapan baru bagi terwujudnya Semenanjung Korea yang bersatu.

Baru-baru ini pihak penyelenggara sebuah festival film nasional di Korea Selatan akan menayangkan beberapa film yang berasal dari Korea Utara.

Penyelenggara Bucheon International Fantastic Films yang akan digelar di Seoul pada 12 Juli mendatang mengumumkan bahwa mereka telah mendapatkan izin untuk menayangkan tiga film panjang dan enam film pendek yang berasal dari Korea Utara.

Di antara tiga film panjang Korea Utara yang bakal ditayangkan tersebut adalah film drama The Story of Our Home yang terkenal di negara komunis itu pada 2016, film ini mengisahkan tentang tiga bersaudara yatim-piatu yang berusaha tetap bersama.

Lalu 'Comrade Kim Goes Flying', sebuah film komedi-romantis yang dirilis pada tahun 2012 dan mengisahkan tentang perjuangan wanita buruh tambang yang ingin menjadi seorang akrobat.

Baca juga: Kim Jong-Un Dijadwalkan Akan Berkunjung ke Seoul Pertengahan Desember Ini!

Yang terakhir adalah Comrade Kim Goes Flying merupakan gabungan produksi antara Inggris, Belgia, dan Korea Utara. Film ini pernah ditayangkan di Toronto Internasional Film Festival dan Busan Internasional Film Festival.

Pemberian izin penayangan film Korea Utara di Negeri Ginseng ini bisa jadi disebut hal yang langka, mengingt hubungan kedua negara sejak meletusnya Perang Korea pada 1950. Lantaran perang tersebut tidak berakhir dengan kesepakatan damai, namun dua negara bersaudara itu masih ‘bermusuhan’ baik secara ideologi hingga kebudayaan.

AFP menyebutkan bahwa menayangkan hasil budaya atau tokoh dari Korea Utara ke masyarakat Korea Selatan membutuhkan izin khusus dari sejumlah badan negara tersebut, seperti Kementerian Unifikasi Korea dan Badan Intelijen Korea Selatan.

Bahkan memiliki bahan publikasi atau sejenisnya yang dibuat di Korea Utara dapat tergolong tindakan kriminal di bawah hukum kemanan nasional anti-komunis Korea Selatan.

Pihak penyelenggara juga menyebut tengah berusaha untuk mengundang beberapa sineas  Korea Utara, namun hal tersebut masih menunggu persetujuan resmi dari pemerintah.

(shy)

  • HOT !
    Konvoi kemenangan tim Persija akan dilaksanakan pada Sabtu (15/12) besok pagi di mana ratusan ribu pendukung dipastikan akan memenuhi beberapa jalanan di Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun menghimbau warga untuk menghindari beberapa ruas jalan....
  • HOT !
    Kasus jual beli narkoba kembali diungkap oleh pihak kepolisian. Tapi kali ini transaksi narkoba itu disebutkan menjadi transaksi terbesar se Provinsi Banten. Polisi pun menangkap tangan dua orang pelaku....
  • HOT !
    Polsek Ciracas dilaporkan mendapat penyerangan oleh oknum massa tak dikenal. Para pelaku diketahui melakukan pengrusakan dan pembakaran hingga beberapa mobil kepolisian. Pihak berwajib pun memiliki dugaan motif penyerangan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)