SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Salah Kaprah Soal Serangan, Terkuak Penyebab Meledaknya Bom di Pasuruan

Sabtu, 07 Juli 2018 14:35 by dian97 | 2891 hits
Salah Kaprah Soal Serangan, Terkuak Penyebab Meledaknya Bom di Pasuruan
Image source : Tirto

DREAMERS.ID - Meledaknya bom di kontrakan yang berada di Kelurahan Pogar, Bigil, Pasuruan, Jawa Timur, bukanlah aksi serangan teror. Kapolri Jendral Tito Karnavian menegaskan bahwa meledaknya bom tersebut akibat dibuat main oleh anak pelaku, jadi meledak sendiri, bukan serangan teror.

"Ini peristiwa bukan serangan bom, tolong, bukan serangan teror, bukan. Tapi bom ini tadinya rencananya oleh kelompok ini digunakan untuk menyerang TPS-TPS pada saat Pilkada," katanya Tito di ICE BSD, Tangerang, Jumat (6/7).


Image source : Geotimes

Tito juga menjelaskan, terdapat perbedaan pendapat dalam kelompok internal tersebut, yang pada akhirnya bom tidak jadi digunakan dan di simpan di kontraknya pelaku (Abdullah), kemudian bom tersebut dimaninkan oleh anaknya dan hingga akhirnya meledak.

"Karena memang kita melakukan operasi besar, 138 orang tertangkap setelah bom Surabaya, dan kemudian kita melakukan pengejaran-pengejaran kepada mereka. Tekanan-tekanan ini membuat kelompok ini ragu-ragu. Jadi rencana kelompok Abdullah ini untuk melakukan enggak jadi, ada yang bilang oke ada yang bilang tidak. Meledaknya bom ini karena sedang dimain-mainkan oleh anaknya," Ucapnya.


Image source : Viva

Akibat meledaknya bom tersebut sang anak mengalami luka-luka, dan telah mendapat pertolongan. Dan pelaku Abdullah langsung melarikan diri setelah terjadi ledakan. Tito menyatakan bahwa bom tersebut tidak berbahaya, low eksplosive, dan bom ini yag biasa nelayan gunakan untuk bom ikan.

"Jenis bomnya jangan dibesar-besarkan, ini adalah low eksplosive seperti bahan mercon, tapi yang sering digunakan untuk bom ikan. Tapi kadang-kadang dipakai oleh kelompok teror ini," Kata Tito.


Image source : Tribun News

Tito mengatakan bahwa Tuhan tidak merestui kelompok teror tersebut, sehingga bom meledak sebelum digunakan untuk mengancam masyarakat, dan berpesan kepada masyarakat untuk lebih teliti terhadap kejadian yang terjadi disekitar, apakah benar atau tidak apalagi ini berhubungan dengan aksi teror.

"Ini sudah yang kedua kali, saya kira sahabat-sahabat kita sadarlah. Tolonglah dipahami, dievaluasi, benar atau tidak (teror) ini. Peristiwa di Sidoarjo pasca bom Surabaya,lagi merakit meledak sendiri di Rusunawa, bapaknya, istrinya, anaknya meninggal. Artinya apa, tuhan Allah SWT tidak merestui," pungkasnya.

(fdc)

  • HOT !
    Akhir bulan ini tepatnya tanggal pada 27 28 Februari di Hanoi, Vietnam, akan kembali digelar pertemuan kedua antara Kim Jong Un dan Donald Trump. Presiden Korea Selatan, Moon Jae In mengatakan jika pertemuan itu bisa jadi titik balik bagi hubungan Semenanjung Korea....
  • HOT !
    Indonesia bersedia menjadi tuan rumah multi event terbesar di dunia, Olimpiade, pada tahun 2032 mendatang. Indonesia mencalonkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 karena kesuksesan yang diraih saat menjadi tuan rumah Asian Games 2018....
  • HOT !
    Sebuah buku tebal terlihat berada di atas meja Prabowo ketika menjalani debat capres putaran kedua di Hotel Sultan Jakarta pada Minggu (17/02/19) malam. Lalu buku seperti apa yang dibawa Prabowo itu?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)