SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jemaah Haji 2018 Diminta Waspada 'Heat Stroke' Karena Suhu Capai 53 Derajat Celsius

Jumat, 06 Juli 2018 16:00 by reinasoebisono | 5905 hits
Jemaah Haji 2018 Diminta Waspada 'Heat Stroke' Karena Suhu Capai 53 Derajat Celsius
image source: istimewa

DREAMERS.ID - Setelah Bulan Ramadhan dan Syawal, umat muslim akan bersiap menyambut pelaksaan Ibadah Haji. Selain persiapan dan kelengkapan peralatan yang harus dibawa, calon jemaah juga harus memperhatikan keselamatan dan kesehatannya.

Sebanyak 221.000 jemaah Indonesia akan melakukan Ibadah Haji tahun 2018. Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI, Dr dr Eka Jusup Singka, MSc memperingatkan mengenai temperatur panas di Arab Saudi.

"Cuaca 53 derajat Celcius," ujarnya 

Hal ini wajar jadi perhatian khusus karena normalnya, manusia memiliki temperatur 37 derajat celsius. Serangan panas atau heat stroke bisa membuat suhu tubuh meningkat menjadi 41 derajat hanya dalam waktu 10-15 menit.

Baca juga: Situasi Terkini Pasca Angin Kencang Landa Kawasan Arafah Jelang Puncak Haji

"Tiba-tiba jatuh, darahnya kental, semua organ tubuh mengalami kegagalan fungsi," tambah dr Eka.

Gejala heat stroke bisa diketahui dengan kurangnya keringat, pusing, mual dan muntah. Kulit memerah dan kerja nadi juga menjadi lebih cepat. Jika tak ditangani secepatnya, heat stroke bisa menyebabkan kematian atau cacat permanen.

Tak hanya heat stroke, gangguan sistem pernapasan, contohnya infeksi saluran pernapasan juga dikhawatirkan sering terjadi pada jemaah haji. Karena pada tahun sebelumnya, penyakit terbanyak yang dialami jemaah haji adalah gangguan pernapasan.

"Penyakit yang banyak ada 2 model, rawat jalan itu paling banyak batuk-batuk, ISPA (infeksi saluran pernapasan atas), flu. Yang rawat inap juga gangguan pernapasan seperti pneumonia, infeksi saluran paru-paru," tandas dr Eka.

(rei)

  • HOT !
    Presiden Jokowi lagi lagi menjadi sorotan atas aksi uniknya dalam perayaan Hari Pahlawan 2018. Ia ikut bersepeda dalam acara Gowes Bandung Lautan Sepeda ditemani Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil....
  • HOT !
    Negeri Sakura, Jepang terkenal dengan kedisiplinannya. Namun selain itu, ada hal memprihatinkan yang juga dikenal sangat sering terjadi di Jepang, yaitu bunuh diri. Dan ternyata, ada kecenderungan masyarakat di sana untuk melakukan bunuh diri tergantung dari harinya....
  • HOT !
    Penyidik KPK mencari tahu soal aliran uang yang diduga diterima Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan. Politikus PAN itu diperiksa sebagai saksi kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) PT Putra Ramadhan (PT Tradha)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)