home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jemaah Haji 2018 Diminta Waspada 'Heat Stroke' Karena Suhu Capai 53 Derajat Celsius

Jumat, 06 Juli 2018 16:00 by reinasoebisono | 5989 hits
Jemaah Haji 2018 Diminta Waspada 'Heat Stroke' Karena Suhu Capai 53 Derajat Celsius
image source: istimewa

DREAMERS.ID - Setelah Bulan Ramadhan dan Syawal, umat muslim akan bersiap menyambut pelaksaan Ibadah Haji. Selain persiapan dan kelengkapan peralatan yang harus dibawa, calon jemaah juga harus memperhatikan keselamatan dan kesehatannya.

Sebanyak 221.000 jemaah Indonesia akan melakukan Ibadah Haji tahun 2018. Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI, Dr dr Eka Jusup Singka, MSc memperingatkan mengenai temperatur panas di Arab Saudi.

"Cuaca 53 derajat Celcius," ujarnya 

Hal ini wajar jadi perhatian khusus karena normalnya, manusia memiliki temperatur 37 derajat celsius. Serangan panas atau heat stroke bisa membuat suhu tubuh meningkat menjadi 41 derajat hanya dalam waktu 10-15 menit.

Baca juga: Potret Ibadah Haji di Tengah Pandemi dengan Penerapan Jarak Sosial

"Tiba-tiba jatuh, darahnya kental, semua organ tubuh mengalami kegagalan fungsi," tambah dr Eka.

Gejala heat stroke bisa diketahui dengan kurangnya keringat, pusing, mual dan muntah. Kulit memerah dan kerja nadi juga menjadi lebih cepat. Jika tak ditangani secepatnya, heat stroke bisa menyebabkan kematian atau cacat permanen.

Tak hanya heat stroke, gangguan sistem pernapasan, contohnya infeksi saluran pernapasan juga dikhawatirkan sering terjadi pada jemaah haji. Karena pada tahun sebelumnya, penyakit terbanyak yang dialami jemaah haji adalah gangguan pernapasan.

"Penyakit yang banyak ada 2 model, rawat jalan itu paling banyak batuk-batuk, ISPA (infeksi saluran pernapasan atas), flu. Yang rawat inap juga gangguan pernapasan seperti pneumonia, infeksi saluran paru-paru," tandas dr Eka.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Nama artis Ike Muti belakangan jadi perbincangan setelah menerima somasi langsung dari Pemprov DKI Jakarta. Ia mengaku harus menghapus fotonya dengan Presiden Joko Widodo sebagai syarat untuk menerima proyek garapan film webseries yang bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta....
  • HOT !
    Mungkin banyak orang bertanya tanya seperti apa isi dapur istana presiden yang menjadi salah satu tempat penting. Rupanya tidak semegah atau mewah seperti yang dibayangkan....
  • HOT !
    Wiku Adisasmito yang juga Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID 19 menjelaskan mengapa kasus pasien yang terkonfirmasi positif virus corona itu terus bertambah di Indonesia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Nevi, Park tae Joon, Song Ye Bom, Choi Yoon Hwan, Kim Hye Ri

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)