SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jemaah Haji 2018 Diminta Waspada 'Heat Stroke' Karena Suhu Capai 53 Derajat Celsius

Jumat, 06 Juli 2018 16:00 by reinasoebisono | 5870 hits
Jemaah Haji 2018 Diminta Waspada 'Heat Stroke' Karena Suhu Capai 53 Derajat Celsius
image source: istimewa

DREAMERS.ID - Setelah Bulan Ramadhan dan Syawal, umat muslim akan bersiap menyambut pelaksaan Ibadah Haji. Selain persiapan dan kelengkapan peralatan yang harus dibawa, calon jemaah juga harus memperhatikan keselamatan dan kesehatannya.

Sebanyak 221.000 jemaah Indonesia akan melakukan Ibadah Haji tahun 2018. Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI, Dr dr Eka Jusup Singka, MSc memperingatkan mengenai temperatur panas di Arab Saudi.

"Cuaca 53 derajat Celcius," ujarnya 

Hal ini wajar jadi perhatian khusus karena normalnya, manusia memiliki temperatur 37 derajat celsius. Serangan panas atau heat stroke bisa membuat suhu tubuh meningkat menjadi 41 derajat hanya dalam waktu 10-15 menit.

Baca juga: Waspada! Penyakit ini Intai Jemaah Saat Melaksanakan Ibadah Haji

"Tiba-tiba jatuh, darahnya kental, semua organ tubuh mengalami kegagalan fungsi," tambah dr Eka.

Gejala heat stroke bisa diketahui dengan kurangnya keringat, pusing, mual dan muntah. Kulit memerah dan kerja nadi juga menjadi lebih cepat. Jika tak ditangani secepatnya, heat stroke bisa menyebabkan kematian atau cacat permanen.

Tak hanya heat stroke, gangguan sistem pernapasan, contohnya infeksi saluran pernapasan juga dikhawatirkan sering terjadi pada jemaah haji. Karena pada tahun sebelumnya, penyakit terbanyak yang dialami jemaah haji adalah gangguan pernapasan.

"Penyakit yang banyak ada 2 model, rawat jalan itu paling banyak batuk-batuk, ISPA (infeksi saluran pernapasan atas), flu. Yang rawat inap juga gangguan pernapasan seperti pneumonia, infeksi saluran paru-paru," tandas dr Eka.

(rei)

  • HOT !
    Siapa yang tidak mengenal sosok Presiden Amerika yang kontroversial saat ini, Donald Trump. Banyaknya kontroversial yang terjadi menjadikan Donald Trump diolok dengan berbagai macam cara, salah satunya melalui dunia maya....
  • HOT !
    Persiapan jelang perhelatan Asian Games 2018 terus dilakukan, termasuk soal kriminalitas jalanan yang akhir ini marak terjadi di beberapa daerah khususnya di jantung Ibu Kota. Tak main main, para pelaku kejahatan ini memiliki berbagai macam modus untuk melumpuhkan targetnya....
  • HOT !
    Perhelatan Piala Dunia 2018 baru saja usai, tepatnya pada laga final Perancis Vs Kroasia, Minggu (15/7), dimana ajang 4 tahunan tersebut kali ini diadakan di Rusia. Kala itu, suasana kemeriahan penutupan pesta bola terbesar se dunia itu pecah saat Perancis mengangkat Trofi Emas Piala Dunia....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Myungsoo,Jiyeon,Lee Minah (OC),Kai,Jung Soojung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)