SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fakta Berita Viral Pemuda Indonesia Jadi Imam Masjidil Haram

Senin, 11 Juni 2018 15:41 by reinasoebisono | 3040 hits
Fakta Berita Viral Pemuda Indonesia Jadi Imam Masjidil Haram
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Nama Ashal Yantu bin Jumri Bakri al-Banjari mendadak viral setelah ramai dibicarakan di aplikasi pesan instan WhatsApp krema disebut lolos uji kompetensi dan menjadi Imam di Masjidil Haram, Mekkah.

Setelah ditelusuri, ada beberapa fakta berbeda meski tidak semuanya salah, melansir Detik. Dikatakan Kabiro Humas Kementerian Agama Mastuki memang banyak jenis uji kompetensi semacam ini di Mekkah. Kebetulan, Kegiatan yang diikuti 'Ashal cukup bergengsi karena dihadiri penguji yang salah satunya berasal dari imam Masjidil Haram.

"Sebenarnya itu bukan imam Masjidil Haram. Jadi dia selama ini menjadi imam di masjid Birrul Walidain di kawasan Zaidi, Mekah," kata Mastuki.

"Kalau dilihat videonya, kental sekali logatnya khas Arab dan umur 15 tahun sudah hafal Alquran. Dia lahir di sana, besar di sana, kemudian mendapatkan bimbingan beberapa syekh di Mekah, dan karena suaranya merdu beberapa kali mendapatkan kesempatan tampil di haflah-haflah, lomba-lomba," ujarnya.

Namun Mastuki memang mendapatkan informasi 'Ashal memang dijadikan anak angkat atau murid salah satu imam Masjidil Haram Syekh Dr Hasan Bukhori. 'Ashal, yang lahir di Arab Saudi, sudah hafal Alquran sejak umur 15 tahun.

“Itu standar luar biasa tinggi dan melalui tahapan. Kalau dilihat umurnya 'Ashal ini kan baru 21 tahun, ya itu potensi yang sangat besar," tuturnya yang juga mengatakan ‘Ashal berasal dari komunitas Banjar, Kalimantan Selatan.

Kalau dari Kandangan, Kalsel, itu memang ada perkampungan sendiri dan sangat dihormati orang Mekah. Karena komunitas Banjar itu sangat dikenal. Seperti Syeh Arsyad al-Banjari, Syekh Nafis al-Banjari besar di Mekah pada saat itu," ucap dia.

(rei)

  • HOT !
    Konvoi kemenangan tim Persija akan dilaksanakan pada Sabtu (15/12) besok pagi di mana ratusan ribu pendukung dipastikan akan memenuhi beberapa jalanan di Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun menghimbau warga untuk menghindari beberapa ruas jalan....
  • HOT !
    Kasus jual beli narkoba kembali diungkap oleh pihak kepolisian. Tapi kali ini transaksi narkoba itu disebutkan menjadi transaksi terbesar se Provinsi Banten. Polisi pun menangkap tangan dua orang pelaku....
  • HOT !
    Polsek Ciracas dilaporkan mendapat penyerangan oleh oknum massa tak dikenal. Para pelaku diketahui melakukan pengrusakan dan pembakaran hingga beberapa mobil kepolisian. Pihak berwajib pun memiliki dugaan motif penyerangan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : meditavs
Cast : Kim Jonghyun,A

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)