home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pesan Menohok di Tarawih Pertama: Jari 'Berpuasa' dan Jihad Itu Sejatinya Menghidupkan Manusia

Kamis, 17 Mei 2018 11:06 by reinasoebisono | 1906 hits
Pesan Menohok di Tarawih Pertama: Jari 'Berpuasa' dan Jihad Itu Sejatinya Menghidupkan Manusia
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Rangkaian tragedi bom bunuh diri serta serangan terduga teroris di beberapa tempat di Indonesia jelang bulan suci menjadi perhatian dalam topik Tarawih pertama Masjid Istiqlal pada Rabu (16/5) tadi malam.

Ceramah yang dibawakan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar itu menitikberatkan pandangan jihad yang berbeda dengan yang selama ini terpancar dan kerap disalahgunakan. Karena jihad yang sesungguhnya bukanlah ‘mengajak’ orang lain untuk mengakhiri hidup.

"Jihad itu sesungguhnya bukan untuk mematikan orang, tapi jihad untuk menghidupkan orang," ujar Nasarudin.

"Menghidupkan jiwa-jiwa yang kering, menghidupkan perekonomian umat yang lemah, menghidupkan fakir miskin menjadi bersemangat hidup. Jihad itu menghidupkan rasa optimisme di masyarakat. Jihad bukan menciptakan kengerian, ketakutan atau kecemasan," lanjut dia. "Semoga bulan Ramadhan ini membangkitkan semangat jihad kita semua,"

Baca juga: Kereta Wisata Lebaran Ludes Terjual, Ke Mana Sebenarnya Destinasi Favorit Masyarakat?

Nasaruddin juga menyinggung kebiasaan umat Islam dalam menggunakan media sosial. Ramadhan hendaknya menjadi momentum umat Islam untuk memperbaiki perilaku, termasuk di media sosial. Menghentikan penyebaran fitnah, berita bohong hingga hinaan baiknya dilakukan dalam momentum Ramadhan ini.

"Saya ingin mengingatkan, hati-hati kemuliaan ramadan jangan ditukar dengan kepentingan sesaar. Hati-hati memberikan statemen, hati-hati menggunakan jari kita ini untuk meng-enter Whatsapp. Jari jemari harus juga berpuasa," ujar Nasaruddin. "Saya mengajak untuk meninggalkan benda kecil itu untuk membaca Alquran,”

Dalam ceramah yang dilaksanakan sebelum Salat Tarawih pertama itu dihadiri oleh ribuan orang, termasuk Presiden Joko Widodo beserta sejumlah menteri di Kabinet Kerja. Antara lain, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)