SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pesan Menohok di Tarawih Pertama: Jari 'Berpuasa' dan Jihad Itu Sejatinya Menghidupkan Manusia

Kamis, 17 Mei 2018 11:06 by reinasoebisono | 1796 hits
Pesan Menohok di Tarawih Pertama: Jari 'Berpuasa' dan Jihad Itu Sejatinya Menghidupkan Manusia
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Rangkaian tragedi bom bunuh diri serta serangan terduga teroris di beberapa tempat di Indonesia jelang bulan suci menjadi perhatian dalam topik Tarawih pertama Masjid Istiqlal pada Rabu (16/5) tadi malam.

Ceramah yang dibawakan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar itu menitikberatkan pandangan jihad yang berbeda dengan yang selama ini terpancar dan kerap disalahgunakan. Karena jihad yang sesungguhnya bukanlah ‘mengajak’ orang lain untuk mengakhiri hidup.

"Jihad itu sesungguhnya bukan untuk mematikan orang, tapi jihad untuk menghidupkan orang," ujar Nasarudin.

"Menghidupkan jiwa-jiwa yang kering, menghidupkan perekonomian umat yang lemah, menghidupkan fakir miskin menjadi bersemangat hidup. Jihad itu menghidupkan rasa optimisme di masyarakat. Jihad bukan menciptakan kengerian, ketakutan atau kecemasan," lanjut dia. "Semoga bulan Ramadhan ini membangkitkan semangat jihad kita semua,"

Baca juga: Kereta Wisata Lebaran Ludes Terjual, Ke Mana Sebenarnya Destinasi Favorit Masyarakat?

Nasaruddin juga menyinggung kebiasaan umat Islam dalam menggunakan media sosial. Ramadhan hendaknya menjadi momentum umat Islam untuk memperbaiki perilaku, termasuk di media sosial. Menghentikan penyebaran fitnah, berita bohong hingga hinaan baiknya dilakukan dalam momentum Ramadhan ini.

"Saya ingin mengingatkan, hati-hati kemuliaan ramadan jangan ditukar dengan kepentingan sesaar. Hati-hati memberikan statemen, hati-hati menggunakan jari kita ini untuk meng-enter Whatsapp. Jari jemari harus juga berpuasa," ujar Nasaruddin. "Saya mengajak untuk meninggalkan benda kecil itu untuk membaca Alquran,”

Dalam ceramah yang dilaksanakan sebelum Salat Tarawih pertama itu dihadiri oleh ribuan orang, termasuk Presiden Joko Widodo beserta sejumlah menteri di Kabinet Kerja. Antara lain, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko.

(rei)

  • HOT !
    Negara negara maju biasanya memiliki biaya hidup yang tinggi, dan baru baru ini survei tahunan yang dibuat oleh Economist Intelligence Unit. Pertama kalinya dalam tiga dekade terakhir, tiga kota menempati urutan teratas daftar kota termahal....
  • HOT !
    Sebelum menjadi pengusaha ternama hingga mencalonkan diri sebagai wakil presiden pada pilpres 2019, Sandiaga Uno hanya seorang laki laki biasa dan seorang suami dari keluarga kecil dan sederhana. Ia bahkan mengaku sempat menjadi pengangguran....
  • HOT !
    Penampilan Ma’ruf Amin di debat Pilpres ketiga menyisakan beragam pendapat. Digelar pada Minggu (17/03/19) malam di Hotel Sultan Senayan, tercatat Ma’ruf Amin melontarkan beberapa istilah istilah yang menarik....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)